Sabtu, 20 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 20 Januari 2023 | 19:38 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tak dapat dipungkiri jika Desa Daun Tersembunyi telah menghasilkan dan memperkenalkan banyak shinobi yang luar biasa, salah satunya yakni Kakashi Hatake.

Kakashi Hatake merupakan salah satu ninja terkuat di serial ini yang sukses mencuri perhatian bahkan sejak masih sangat kecil.

Meskipun sudah memiliki kemampuan bertarung yang mengesankan, Sharingan yang dia miliki semakin menambah kekuatannya semakin tidak masuk akal. Sharingan ini juga membuatnya menjadi salah satu ninja terkuat di serial ini.

Meski demikian seperti yang sudah diceritakan, Kakashi kehilangan Sharingan pada Perang Ninja Besar Keempat. Padahal, sebagian besar kekuatannya dikaitkan dengan jutsu okular ini.

Banyak penggemar kemudian bertanya-tanya, bagaimana Kakashi Hatake bisa bertahan tanpa Sharingan? kekuatan apa yang dia miliki selain Sharingan?

Wajar jika pertanyaan tersebut muncul, sebab Kakashi bahkan menjadi Hokage Keenam meskipun tidak memiliki Sharingan khasnya lagi. Jadi, seperti apa kekuatannya sebelum mendapatkan Sharingan? apakah Kakashi sekuat itu?

Kekuatan Kakashi sebelum mendapat Sharingan

Naruto - Kakashi Hatake Menggunakan Mangekyo Sharingan. (fandom)

Untuk memahami sejauh mana kekuatan bawaan Kakashi, penting untuk memeriksa masa lalunya, sebelum dia mendapatkan Sharingannya. 

Bukan rahasia lagi bahwa Kakashi adalah karakter ajaib, bahkan sejak masih anak-anak. Hal tersebut karena dia lulus dari akademi pada usia lima tahun. 

Bahkan ketika dia berada di akademi, Kakashi berhasil mengalahkan dua shinobi level Chunin dalam episode filler, sebuah adegan yang dengan jelas menggambarkan kekuatan level Chuninnya di usia yang begitu muda. 

Dia lulus dari akademi dan menjadi Genin pada usia lima tahun. Padahal, protagonis seri, Naruto, lulus dari akademi pada usia dua kali lipat. Ini kembali menjadi fakta dan bukti betapa hebatnya Kakashi Hatake.

Setahun setelah menjadi Genin, Kakashi mampu lulus ujian Chunin pada usia enam tahun dan menjadi Chunin termuda di Desa Daun Tersembunyi.

Ia berhasil mempertahankan prestasinya itu dengan lulus ujian Jonin pada usia dua belas tahun. Lagi-lagi, Kakashi menjadi salah satu shinobi termuda yang pernah menjadi Jonin, kedua setelah Shisui Uchiha. 

Keahlian utamanya terletak pada kemampuan taijutsunya yang sempurna, karena tidak ada yang mampu melacak gerakannya yang secepat kilat. Ditambah dengan chidori petirnya, bahkan shinobi Anbu bukanlah tandingan shinobi yang luar biasa kuat ini.

Meskipun benar bahwa Sharingan memperburuk kemampuan ini, namun tidak ada keraguan bahwa kemampuannya sendiri (tanpa Sharingan) sudah setara dengan beberapa shinobi terkuat di desa. 

Ini terbukti dari fakta bahwa dia mampu menguasai Rasengan sendiri, yang digunakan sebagai dasar untuk membuat Chidori nantinya. Penguasaannya atas Gaya Bumi dan Gaya Petir juga bersinar dalam bentuk berbagai jutsu yang dimilikinya di gudang senjatanya.

Jadi bisa disimpulkan jika Kakashi Hatake tanpa Sharingan tetaplah seorang Shinobi yang kuat dan sakti mandraguna.

Jadi saat Kakashi tidak lagi memiliki akses ke kekuatan Sharingan, dia masih memiliki ribuan teknik yang telah disalin selama hidupnya.

Selain itu, kehilangan jutsu okularnya juga memperluas kolam chakranya, karena Sharingan yang terus-menerus aktif akan semakin menguras sebagian besar chakranya.

Dan ya, tanpa Sharingan Kakashi bisa dikatakan jauh lebih kuat karena semua kekuatannya justru bisa semakin bersinar dan tak terhalang chakra Sharingan.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

3 Link Nonton Anime Naruto Kecil, Serba Legal dan Aman