Selasa, 19 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 27 Januari 2023 | 08:21 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Jika kamu mengikuti anime dan manga One Piece, maka kamu akan kenal dengan satu kelompok karakter yang sering disebut dengan Seraphim. Sebenarnya apa itu Seraphim sebenarnya?

Seraphim dikenal sebagai senjata manusia yang sangat kuat yang diciptakan tidak lain oleh ilmuwan jenius Dr Vegapunk. Seraphim ini diciptakan untuk menggantikan Shichibukai yang bubar lebih dulu.

Dikisahkan tak lama setelah busur Negara Wano selesai, Angkatan Laut menyerang Amazon Lily. Untuk menangkalnya ada dua Seraphim, S-Snake dan S-Hawk yang dikerahkan dan akhirnya berhasil menang.

Kemudian, seiring berjalannya cerita menuju Pulau Egghead, penggemar bisa melihat lebih banyak Seraphim yang muncul dan diperkenalkan. Ternyata memang Dr Vegapunk adalah sosok di balik kuatnya para Seraphim ini.

Seraphim adalah proyek Pacifista

One Piece - Seraphim. (shueisha)

Seraphim ini tak serta merta diciptakan, mereka adalah hasil pengembangn dari proyek Pacifista. Pacifista sendiri diperkenalkan selama arc Sabaody Archipelago di One Piece.

Berkat Bartholomew Kuma, Vegapunk bisa mengerjakan proyek Pacifista. Dia menggunakan tubuh Kuma sebagai dasar untuk membuat senjata manusia yang disempurnakan.

Vegapunk kemudian mengubah Kuma menjadi makhluk yang menyerupai cyborg namun dengan kekuatan yang lebih tangguh dan tak bisa dibayangkan sebelumnya.

Pada karyanya yang berupa cyborg ini, Vegapunk mampu memasang kemampuan laser Laksamana Kizaru dan membuatnya semakin berbahaya. Sebelum jeda waktu, satu Pacifista terbukti cukup kuat untuk menghadapi seluruh kru Topi Jerami seorang diri. 

Dan benar saja, selama arc Marineford, Pacifista terbukti cukup kuat untuk menghadapi bahkan beberapa bajak laut Dunia Baru seperti Decalvan Brothers dan Whitey Bay.

Selama timeskip, Pacifista ini disempurnakan lebih lanjut oleh Dr  Vegapunk. Bahkan, terungkap juga bahwa Pacifista ini pada akhirnya akan berevolusi menjadi sesuatu yang bahkan lebih berbahaya yang kemudian dikenal dengan nama Seraphim.

Istilah Seraphim sendiri pertama kali disinggung segera setelah timeskip pasca One Piece dimulai. 

Tentang Darah Hijau

One Piece - Seraphim. (fandom)

Memang, secara cerita Pacifista adalah basis fisik untuk Seraphim. Namun tetap saja faktor silsilah dalam membuat kelompok ini.

Faktor Silsilah ini adalah kunci dari segala sesuatu di dunia One Piece.  aktor Silsilah Lunarian telah menyebabkan Seraphim mendapatkan ketangguhan yang luar biasa bersama dengan kemampuan untuk memanipulasi api, dan kecepatan luar biasa dengan mengorbankan ketangguhan tersebut.

Ini juga alasan mengapa Seraphim memiliki rambut putih, kulit coklat, dan sayap hitam. Namun, itu belum semuanya. Vegapunk juga mampu melakukan penelitian tentang Buah Iblis, dan dalam hal ini, dia telah menggunakan Buah Iblis jenis Paramecia.

Dengan mengekstraksi Faktor Silsilah dari pengguna buah iblis, Dr Vegapunk mampu menciptakan apa yang disebutnya Darah Hijau. Darah hijau ini mengalir melalui tubuh semua Seraphim,

Darah Hijau ini pula yang membuat Seraphim memiliki kekuatan Buah Iblis duplikat dari buah yang sudah ada di dunia One Piece. 

Misalnya, S-snake memiliki kekuatan untuk menggunakan Mero Mero no Mi, yang dia tunjukkan di One Piece chapter sebelumnya. S-shark juga memiliki kemampuan Sui Sui no Mi,

Dengan beragam "spesifikasi" yang diberikan ini, tak berlebihan jika penggemar menyebut Seraphim adalah makhluk yang kuat hasil ciptaan Vegapunk sejauh ini.

Itulah penjelasan apa itu Seraphim dalam dunia One Piece, sosok yang terkait dengan Dr Vegapunk dalam proyek Pacifista.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

One Piece: Bagaimana Pasukan Revolusioner Menjadi Ancaman Besar Bagi Pemerintah Dunia?