Jum'at, 19 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 24 Februari 2023 | 20:39 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tak seperti Naruto, anime Boruto menggunakan pendekatan yang lebih futuristik Di seri ini, penulis Masashi Kishimoto memusatkan sebagian besar sekuelnya pada teknologi dan persenjataan canggih

Kamu akan menemukan berbagai teknologi canggih di anime ini, mulai dari Alat Ninja Ilmiah, kereta listrik, HP, laptop  hingga perangkat amplifikasi tubuh.

Meski demikian, pendekatan futuristik yang dilakukan sang mangaka tersebut beberapa kali mendapat kritik fandom karena dirasa tak masuk akal.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kemajuan teknologi di anime Boruto tidak masuk akal.

Muncul alat ninja ilmiah

Boruto - Kacamata modern Shino Aburame. (fandom)

Salah satu wujud kemajuan teknologi yang ada di anime Boruto adalah munculnya Alat Ninja Ilmiah. Ada banyak Alat Ninja Ilmiah yang diperkenalkan di anime ini, mulai dari Kunai hingga Shuriken sederhana.

Uniknya, alat ninja ini telah berevolusi menjadi bilah cakra dan mata laser sehingga dianggap mengubah konsep perang shinobi tradisional menjadi pertarungan mecha habis-habisan.

Dengan penambahan senjata yang sangat kuat, seri ini kehilangan tema intinya sehingga membuat kemampuan berbasis chakra hampir usang.

Penggunaan jutsu yang diproduksi secara artifisial dari Shinobi Kote telah mengalahkan ninjutsu, sementara teknologi amplifikasi tubuh telah mengambil alih bidang ninjutsu medis.

Pergeseran fokus yang drastis seperti itu semakin menambah gagasan tentang betapa anehnya kemajuan teknologi ini di dunia shinobi.

Mendadak ada internet padahal cuma selisih 15 tahun dari Naruto

Boruto - Konoha menyensor informasi soal Klan Uchiha. (.ist)

Aspek lain dari alam semesta Naruto yang sangat dipengaruhi oleh teknologi adalah komunikasi.

Dulu di anime Naruto, komunikasi dilakukan melalui perantara burung pembawa pesan. Namun di Boruto, semua hal sudah mengalami perkembangan.

Yang bikin tak masuk akal adalah seri yang tiba-tiba melompat dari metode tradisional ke penggunaan laptop dan layar datar tampaknya agak tidak pada tempatnya.

Apalagi di Boruto mendadak ada internet, padahal seri itu hanya berselang 15 tahun dari Naruto.

Inkonsistensi dalam kemajuan teknologi

Sasuke Uchiha dan Boruto. (Fandom)

Hal lain yang bikin tidak masuk akal adalah inkonsistensi dalam kemajuan teknologi yang digambarkan oleh anime Boruto ini.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, di Boruto beberapa aspek teknologi mungkin tampak cukup maju, seperti internet dan nanobots pembentuk sel dan sebagainya.

Namun lucunya, beberapa aspek lain justru tampak sangat tertinggal. Salah satu yang mencolok adalah tidak adanya mobil berseliweran di anime ini.

Padahal di Boruto, selain HP dan laptop, kereta listrik juga sudah beroperasi. Itulah beberapa alasan mengapa kemajuan teknologi di Boruto sangat tidak masuk akal. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

Naruto: Gabungnya Itachi Uchiha ke Akatsuki Merupakan Rencana Rahasia Jiraiya?