Minggu, 28 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 12 April 2023 | 11:08 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Apa Itu Donghua yang sedang populer saat ini. Apa bedanya animasi China ini dengan anime dan animasi lainnya? Ketahui penjelasan yang dirangkum tim HiTekno.com berikut ini soal Donghua.

Sebelumnya ketahui dulu arti kata Donghua. Seperti anime di Jepang, arti kata Donghua hanyalah yang dalam bahasa Mandarin artinya “animasi”.

Setelah beberapa dekade mengalami stagnasi dalam industri animasi, sejak Revolusi Kebudayaan, China telah memasuki apa yang secara tentatif disebut sebagai kelahiran kembali.

Ini adalah hasil dari krisis identitas China dalam animasi selama 20 tahun, karena industri ini berjuang untuk bersaing dengan Disney, Pixar, dan Studio Ghibli Jepang yang terkenal. Sementara bentuk Donghua saat ini sangat dipengaruhi oleh anime, ia memiliki identitasnya sendiri.

Sejak awal, medium terus berevolusi untuk memenuhi pola pikir masyarakat asalnya. Animasi China telah ada selama hampir seratus tahun. Beberapa keping donghua pertama, yang berasal dari tahun 1920-an, telah hilang.

Tetapi zaman keemasan dan perak sinema, Tiongkok memperkenalkan gaya animasi khas berdasarkan seni tradisional: wayang kulit, stop-motion yang dilipat kertas, lukisan tinta, dan kemegahan dan kepanikan opera Tiongkok yang berwarna cerah.

Donghua di China digunakan sebagai istilah umum untuk animasi, terlepas dari negara asal atau gaya artistiknya. Namun, di luar China, istilah tersebut digunakan khusus untuk menyebut animasi China. Demikian pula, manhua mengacu pada komik dan novel grafis yang berasal dari Tiongkok.

Animasi China saat ini paling baik dijelaskan dalam dua kategori. Jenis pertama adalah "animasi konvensional" yang diproduksi oleh perusahaan dengan entitas yang dibiayai dengan baik. Konten ini termasuk kartun 2D tradisional atau film animasi 3D CG modern yang didistribusikan melalui bioskop, DVD, atau disiarkan di TV.

Format ini dapat diringkas sebagai industri yang bangkit kembali bersama dengan teknologi komputer canggih. Jenis kedua adalah "webtoon" yang diproduksi oleh perusahaan atau terkadang hanya individu.

Konten ini umumnya berupa animasi flash mulai dari yang amatir hingga berkualitas tinggi, yang dihosting secara publik di berbagai situs web. Sedangkan komunitas global selalu mengukur kesuksesan industri dengan penjualan box office.

Melalui puluhan tahun inovasi dan lintas generasi, donghua telah menjadi sesuatu yang bisa dibanggakan. Orang Tionghoa, kelompok etnis terbesar di dunia memiliki bentuk cerita animasi yang unik. Itulah penjelasan singkat mengenai donghua yang bisa menambah pengetahuan kamu.

Itulah penjelasan apa itu Donghua lengkap dengan permkembangan industri animasi China yang sedang populer ini.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

One Piece: Mengapa Eiichiro Oda Mengambil Cuti selama Sebulan?