Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 15 April 2023 | 09:03 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Mungkin banyak di antara kamu yang penasaran dengan posisi tangan Naruto ketika lari. Mengapa Naruto berlari dengan tangan ke belakang?

Ada banyak diskusi yang dilakukan penggemar jika berbicara tentang anime Naruto. Terutama soal mengapa Naruto berlari dengan tangan ke belakang dengan cepat.

Salah satu topik yang dibahas oleh banyak penggemar anime dan non-anime adalah cara Naruto berlari dalam serial tersebut. 

Hampir semua shinobi berjalan dengan cara yang sama yakni dengan tangan di belakang, ternyata ada penjelasan untuk itu.

Kerennya, penjelasan kenapa Naruto dan karakter di anime ini berlari dengan tangan di belakang, bisa dijelaskan dengan teori fisika.

Selain itu, ada pula jawaban yang benar-benar hanya bicara soal kemudahan dalam produksi. Berikut ini adalah penjelasannya.

Saluran YouTube populer Because Science melakukan tes di mana mereka berbicara tentang cara shinobi di anime Naruto berlari. Ternyata alasan mengapa Naruto berlari dengan tangan ke belakang terkait dengan efek drag.

Tentang efek Drag saat Naruto lari

Naruto Berlari dengan Tangan ke Belakang. (ist)

Drag adalah istilah yang sangat penting dalam dinamika fluida yang akan membantu kita memahami alasan perubahan Naruto dalam caranya berlari.

Drag adalah gaya yang bekerja dalam arah yang berlawanan dengan gerak relatif benda dalam fluida. 

Inilah alasan utama mengapa pesawat terbang, mobil, dan sepeda dibentuk sedemikian rupa untuk mengurangi hambatan, dengan mengurangi hambatan, objek dapat bergerak lebih cepat dan menggunakan energi dengan lebih efisien. 

Ini juga berlaku untuk berlari. Rumus untuk menghitung gaya tarik pada benda apa pun adalah seperti yang disebutkan di bawah ini:

D = Cd×A×0.5×ρ×V2

Dalam rumus di atas, Cd adalah koefisien gaya hambat, A adalah luas tempat gaya hambat bekerja, ρ adalah kerapatan fluida di sekitarnya, dan V adalah kecepatan benda tempat gaya hambat bekerja. 

Berdasarkan rumus ini, dapat dipahami bahwa gaya tarik berbanding lurus dengan dua variabel utama, dengan catatan area terbuka dan kecepatan benda bergerak. 

Faktanya, drag meningkat secara eksponensial saat kecepatan objek meningkat.

Intinya, apa yang Naruto Uzumaki dan shinobi lainnya lakukan adalah mengurangi hambatan dengan menyelipkan sedikit dan mendorong tangan mereka ke belakang.

Ini secara drastis mengurangi area yang pada gilirannya mengurangi hambatan yang bekerja pada mereka. 

Dengan demikian, mereka berlari dengan lebih cepat daripada tangan yang tidak diletakkan di belakang.

Pendapat lain

Tapi ada pendapat lain yang tak kalah menarik soal ini. Alasan shinobi di anime Naruto menaruh tangannya di belakang karena semata untuk mempermudah produksi.

Sebab dari sudut pandang produksi, ini tentu lebih mudah untuk dianimasikan dibandingkan dengan cara manusia berjalan.

Itulah jawaban tentang pertanyaan mengapa Naruto berlari dengan tangan ke belakang menurut sains dan produksi.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

Ranking Hokage Paling Disukai di Naruto, Siapa yang di Peringkat Pertama?