Sabtu, 02 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Rabu, 19 April 2023 | 17:48 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Anime memang menjadi salah satu mahakarya yang bercerita tentang apapun, termasuk tentang masalah yang tak tersentuh dan jarang dibicarakan.

Oshi No Ko merupakan serial manga yang akhir-akhir ini mendapat banyak perhatian, terutama setelah menayangkan episode spesial pertamanya di seluruh dunia pada 12 April 2023.

Anime yang baru tayang selama 90 menit ini sukses menggemparkan komunitas anime di seluruh dunia.

Bagaimana tidak, Oshi No Ko berkisah tentang industri gelap Idol Jepang, sebuah tema yang jarang diangkat oleh anime manapun sejauh ini.

Manga ini ditulis oleh Aka Akasaka dan diilustrasikan oleh Mengo Yokoyari. Oshi No Ko mengikuti cerita dua individu bernama Ai Hoshino, seorang idola populer, dan Dr. Gorou Ojiro, seorang dokter kandungan terkenal.

Keduanya mengalami hubungan setelah Ai bereinkarnasi menjadi bayi dan Gorou yang mengingat kehidupan masalah lalunya sebagai penggemar berat Ai.

Ceritanya dibuat sedemikian rupa sehingga menjelaskan tentang gelapnya dunia industri idol Jepang.

Kelamnya Industri Idol versi Oshi No Ko

Manga Oshi no Ko. (MyAnimeList)

Seperti yang telah dijelaskan, anime ini menyoroti tentang kelamnya industri idola Jepang. Oshi No Ko juga mengungkap tantangan dan hambatan yang dihadapi banyak artis muda dalam mengejar ketenaran di negeri Matahari Terbit tersebut.

Manga ini menggambarkan tekanan besar yang diberikan pada para idola untuk mempertahankan citra aslinya sementara menjadi sasaran pengawasan ketat oleh penggemar dan media. 

Ini juga menyoroti jadwal kerja yang melelahkan, kontrak yang ketat, dan kurangnya privasi yang terlalu umum di industri ini.

Bukan hanya menunjukkan betapa beratnya jadi idol, tapi juga menekankan dampak emosional yang ditimbulkan.

Para idol ini harus menjadi alat yang bisa selalu tampil sempurna di hadapan media dan penggemar.

Mental mereka akan lelah karena dituntut sempurna dan adanya persaingan ketat antar idol Jepang tersebut.

Manga Oshi no Ko. (MangaPlus)

Saat cerita terungkap, pembaca dihadapkan pada sisi gelap dari pemujaan idola, termasuk perilaku obsesif penggemar tertentu. 

Dikenal sebagai penggemar "sasaeng", orang-orang ini sering melakukan tindakan ekstrem untuk menginvasi kehidupan pribadi idola favorit mereka, menunjukkan ketidakpedulian sepenuhnya terhadap privasi dan kesejahteraan mereka.

Aspek budaya idola yang meresahkan ini dieksplorasi di Oshi No Ko melalui karakter Dr. Gorou Ojiro, yang, terlepas dari niat baiknya, menunjukkan fiksasi yang berpotensi tidak sehat yang dikembangkan beberapa penggemar terhadap artis favorit mereka.

Itulah penjelasan tentang Oshi No Ko yang tengah jadi perbincangan belakangan ini. Buat kamu yang ingin cari tontonan bernuansa beda, kamu bisa mengikuti anime yang satu ini.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

One Piece: Ternyata Nami Punya Hubungan dengan Im sama, Bikin Penasaran