Jum'at, 08 Desember 2023
Agung Pratnyawan : Rabu, 26 April 2023 | 18:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Lagi cari rekomendasi anime sedih dan bikin nangis terbaik di tahun 2023? coba cek informasi yang telah dirangkum Hitekno.com berikut ini.

Layaknya film, anime juga punya banyak cerita yang bisa dinikmati oleh pecintanya. Kebanyakan anime memang memiliki sifat ceria, tapi sekalinya bertema sedih, maka penonton akan dibuat menangis karenanya.

Tak dapat dipungkiri jika pembuat anime suka membuat penontonnya menangis. Mereka menemukan berbagai tema yang bisa menyentuh hati penontonnya,

Dari drama yang menyentuh hati tentang cinta muda, perasaan tak berbalas, dan drama hubungan hingga cerita yang lebih serius yang membahas masalah seperti kematian, perang, dan penyakit, anime telah menemukan banyak cara untuk menghancurkan hati dan membuat pemirsa menangis.

Akan tetapi, ada setidaknya lima judul anime yang sudah diakui oleh para Otaku sebagai anime dengan cerita sedih.

Berikut ini, Hitekno.com telah merangkum lima rekomendasi anime sedih terbaik sepanjang sejarah yang dijamin bikin nangis.

1. Violet Evergarden

Violet Evergarden. (IMDB)

Violet Evergarden adalah film anime sedih yang mendalam dan mengharukan, dan ada beberapa momen yang pasti akan membuat penonton sesegukan dibuatnya.

Para Otaku di seluruh dunia bahkan mengakui jika Violet Evergarden adalah salah satu anime dengan cerita sedih dan menyakitkan yang pernah ada.

Violet Evergarden, sang karakter utama, dibesarkan khusus untuk menjadi senjata yang digunakan untuk melawan musuh.

Tetapi ketika perang hampir berakhir, dia harus menemukan tujuan baru untuk hidupnya. Setelah sembuh dari lukanya, dia mulai bekerja sebagai Auto Memory Doll, tugasnya membantu menerjemahkan pikiran orang menjadi kata-kata di atas kertas.

2. Clannad

Clannad. (.ist)

Clannad adalah adaptasi anime dari novel visual Key dengan nama yang sama. Clannad: After Story memiliki panjang dua puluh empat episode yang sangat dramatis.

Pada bagian pertama, cerita membahas drama sekolah menengah yang khas, sebagian besar persahabatan dan hubungan romantis, bagian kedua adalah pandangan yang jauh lebih serius dan berdampak pada perjuangan masa dewasa dengan penekanan pada pentingnya keluarga.

Clannad adalah anime langka yang memungkinkan pemirsa untuk melihat seluruh kehidupan karakter dimainkan, alih-alih diakhiri dengan kelulusan SMA atau pasangan yang bergandengan tangan.

Meski tidak ada adegan bertarung, tapi Clannad akan menghancurkan hati pemirsa dan membuat mereka terisak-isak. Mereka yang menikmati pengalaman tersebut harus mempertimbangkan untuk menonton adaptasi anime Key lainnya, seperti Little Busters!

3. Grave of the Fireflies

Grave Of The Fireflies. (IMDB)

Grave of the Fireflies adalah salah satu film paling memilukan yang pernah dilihat penggemar. Anime ini berlatar pada hari-hari terakhir Perang Dunia II.

Film ini bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Seita dan adik perempuannya, Setsuko, yang hidupnya telah dihancurkan oleh perang yang kejam dan brutal yang membuat mereka kehilangan orang tua dan rumah mereka.

Ia kemudian dibiarkan berjuang sendiri di pedesaan Jepang, optimisme masa muda saudara kandung membutakan dalam menghadapi kesulitan yang tak tergoyahkan

Ini kemudian memberi mereka kekuatan untuk mencoba melawan nasib yang tak terhindarkan. Grave of the Fireflies adalah film yang sangat menyedihkan, sangat indah, dan mengharukan yang tidak akan membuat siapa pun acuh tak acuh.

4. Your Lie in April

Shigatsu wa Kimi no Uso - Your Lie in April. (IMDB)

Your Lie in April from A-1 Pictures mengikuti keajaiban piano dan musisi cilik terkenal bernama Kosei Arima, yang kehilangan kemampuan mendengar suara pianonya sendiri setelah kematian ibunya.

Dua tahun kemudian, Kosei bertemu Kaori Miyazono, seorang pemain biola lincah yang membantunya melihat bahwa musik harus selalu dimainkan dengan bebas.

Your Lie in April membahas kisah pemulihan Kosei saat dia belajar bahwa ada lebih banyak musik daripada mencapai setiap nada dengan sempurna, jatuh cinta dengan Kaori di sepanjang jalan.

Sayangnya, keceriaan Kaori hanyalah menyamarkan tragedi yang akan datang. Diatur ke soundtrack yang indah dan menyentuh, Your Lie in April adalah kisah yang sangat menyentuh dan memilukan yang berhubungan dengan trauma emosional, mengatasi kehilangan, dan bergerak maju.

5. Anohana: The Flower We Saw That Day

Anohana - The Flower We Saw That Day. (IMDB)

Anohana: The Flower We Saw That Day adalah anime original dari A-1 Pictures yang tayang pada musim semi tahun 2011. Anime ini bercerita tentang sekelompok teman masa kecil, kini remaja, yang berusaha mengatasi kehilangan teman mereka Menma, yang meninggal ketika mereka masih kecil.

Lima tahun setelah kematian Menma, kelompok teman itu telah berpisah, tetapi hantu dari teman lama mereka yang hilang mungkin cukup untuk menyatukan mereka sekali lagi.

Grup bersatu kembali sehingga Menma akhirnya dapat mewujudkan keinginannya dan melanjutkan hidup, sementara pada saat yang sama memberikan teman-temannya penutupan yang mereka butuhkan untuk melanjutkan hidup tanpa dia.

Sepanjang cerita, pemirsa melihat bagaimana kematian Menma mempengaruhi setiap temannya, saat mereka menyadari ketidakmampuan mereka sendiri untuk mengatasi dan mengatasi perasaan bersalah mereka.

Itulah rekomendasi anime sedih yang pasti bikin kamu nangis. Mana yang mau kamu tonton lebih dulu?

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

5 Anime Santai Cocok Ditonton saat Libur Idul Adha