Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 15 Mei 2023 | 10:51 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ada setidaknya sembilan anime Isekai tentang ahli strategi, bukan fantasi kekuatan semata. Apa saja itu? Simak rekomendais anime isekai berkisah tentang ahli strategi ini.

Tak dapat dipungkiri jika kebanyakan anime isekai saat ini bertema fantasi kekuatan.

Maksud dari fantasi kekuatan di sini adalah tokoh utama dalam anime Isekai biasanya mereka yang punya kekuatan dan power lebih dibandingkan dengan yang lain,

Untungnya, beberapa anime isekai tidak menggunakan konsep yang sama. Anime-anime Isekai di bawah ini lebih mengutamakan otak daripada otot

Bisa dibilang, anime isekai semacam itu memiliki taruhan yang lebih tinggi karena sebagian besar protagonis mereka hanyalah kutu buku yang berpikir lebih rasional dibandingkan dengan penduduk lokal biasa. 

Nah, buat kamu yang penasaran dengn sembilan anime Isekai tentang ahli strategi alias tidak hanya menonjolkan kekuatan, cek rangkuman Hitekno.com di bawah ini.

9. How A Realist Hero Rebuilt The Kingdom

How a Realist Hero Rebuilt the Kingdom. (IMDB)

Sesuai judulnya, How A Realist Hero Rebuilt The Kingdom bukanlah tentang karakter utama yang bertarung melawan pasukan iblis.

Sebaliknya, dia mengambil jenis pertempuran yang berbeda, jenis birokrasi, yang membuatnya menyusun strategi seputar korupsi dan ketidakmampuan administratif.

Karakter utama, Kazuya, tidak lain adalah manusia biasa dengan keterampilan administrasi yang baik yang menjadikannya aset berharga dalam menyiapkan pertempuran kerajaan untuk invasi iblis. 

Untuk membumbui segalanya, dia juga dikelilingi oleh beberapa wanita cantik harem yang juga membantunya dengan birokrasi.

8. High School Prodigies Have It Easy Even In Another World

High School Prodigies Have It Easy Even In Another World. (Anime News Network)

Kisah di anime High School Prodigies Have It Easy Even In Another World dimulai seperti kebanyakan anime isekai yakni dengan kematian para protagonis di dunia aslinya.

Mereka dengan cepat menemukan diri mereka di dunia fantasi abad pertengahan yang disebut Freyjagard di mana pengetahuan mereka tentang teknik dan permesinan membuat mereka tampak seperti penyihir yang kuat.

Jadi, dengan menggunakan pengetahuan mereka tentang teknologi, mereka menciptakan senjata yang jauh lebih unggul dari apa yang bisa dihasilkan oleh dunia fantasi abad pertengahan mana pun. 

Dengan melakukan itu, kelompok tersebut akhirnya memulai revolusi yang tidak hanya membantu mereka kembali ke rumah tetapi juga membantu orang-orang di dunia baru mereka.

7. Ya Boy Kongming!

Paripi Koumei atau Ya Boy Kongming!. (IMDB)

Kongming Zhuge merupakan salah satu pemikir strategis paling menonjol dari era Tiga Kerajaan di Tiongkok.

Akan tetapi entah apa yang terjadi, dia tiba-tiba mendapati dirinya bereinkarnasi ke dunia modern. 

Orang akan berpikir bahwa strateginya akan ketinggalan zaman di dunia modern, tetapi ternyata Kongming menyesuaikan diri dengan cepat.

6. Farming Life In Another World

Isekai Nonbiri Nouka atau Farming Life in Another World. (fandom)

Meski terdengar sederhana, namun anime Isekai Farming Life In Another World adalah game yang berkisah tentang strategi yang keren.

Ini mengikuti kehidupan kedua karakter utama Hiraku setelah dia meminta dewa yang bereinkarnasi menjadi seorang petani.

Tapi bertani membutuhkan banyak pandangan jauh ke depan dan pemikiran mekanis, sesuatu yang dipelajari Hiraku dengan cepat meski terkadang sambil bercanda.

5. Ascendance of a Bookworm

Ascendance of a Bookworm. (IMDB)

Ascendance of a Bookworm mengikuti kisah karakter utama Myne. Kembali ke dunia aslinya, dia dilahirkan dalam keluarga miskin yang tidak memiliki akses ke buku.

Keadaan ini memicu tujuan hidupnya untuk menjadi pustakawan. Namun sayang, tak lama kemudian Myne meninggal.

Syukurlah, dia bereinkarnasi ke dunia lain di mana buku juga langka karena kurangnya mesin cetak. 

Jadi, Myne melanjutkan mimpinya dan menjadi pustakawan penuh strategi dan ide-ide keren.

4. Jobless Reincarnation 

Mushoku Tensei: Isekai Ittara Honki Dasu. (Fandom)

Menggabungkan drama, aksi, petualangan, dan ecchi dengan mulus bukanlah hal yang mudah, tetapi Jobless Reincarnation melakukannya dengan sangat baik. 

Ini adalah salah satu anime isekai berkualitas tertinggi yang tersedia saat ini dan pemirsa akan senang mengetahui bahwa protagonisnya, Rudeus, bukanlah MC yang dikuasai pembuat kue.

Beberapa hanya menganggapnya jenius di dunia barunya karena dia dulunya adalah murid di dunia lamanya. 

Sebagian besar keterampilan isekainya meliputi aritmatika, kemahiran bahasa, bakat untuk belajar, dan pemahaman sihir yang baik. 

3. No Game No Life

No Game No Life. (Netflix)

No Game, No Life akan menjadi contoh sempurna di sini untuk anime isekai tentang ahli strategi.

Itu karena keseluruhan judul berputar di sekitar sepasang saudara gamer yang dipindahkan ke dunia lain dan harus berjuang untuk hidup mereka.

Semuanya diputuskan melalui permainan sederhana, dan karena kedua karakter utama pandai dalam strategi permainan.

Jika mereka kalah, maka hidup mereka selesai saat itu juga.

2. Konosuba

KonoSuba - Megumin. (IMDB)

Konosuba adalah petualangan ala Dungeons and Dragons yang khas dengan teman-teman, kecuali semua orang mabuk saat bermain. 

Kazuma, karakter utama yang dikirim ke dunia baru ini berkat truk-kun dan menjadi karakter paling bisa diandalkan pada akhirnya.

Sesuai dengan temanya, Kazuma akan membuat strategi bagaimana bisa bertahan hidup di kehidupan barunya.

Ini adalah salah satu anime Isekai tentang ahli strategi paling cerdas sejauh ini.

1. Dr Stone

Dr Stone. (IMDB)

Dikisahkan, Senku adalah nerd klasik dalam anime dan tujuannya adalah mengembalikan umat manusia kembali ke kejayaannya mulai dari Zaman Batu setelah cahaya misterius mengatur ulang Bumi dan peradaban manusianya kembali ke nol.

Dilengkapi dengan pengetahuan ilmiahnya yang luas di berbagai bidang, Senku berangkat untuk membangun kembali peradaban dengan setiap penemuan baru.

Senku adalah protagonis yang cerdas sehingga dia mampu belajar tentang apa tanggung jawabnya dengan sangat cepat.

Itulah sembiln rekomendasi anime isekai tentang ahli strategi. Anime Isekai mana yang sudah kamu tonton?

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

5 Anime Bercerita Tentang Otaku, Tontonan Wajib Bagi Wibu