Kamis, 20 Juni 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 06 Juni 2023 | 11:44 WIB

Hitekno.com - Klan Uchiha merupakan klan yang cukup populer di anime Naruto yang punya anggota cukup banyak. Meski demikian di bawah ini, Hitekno hanya akan melihat karakter MBTI 10 anggota klan yang terkenal saja.

Ya, karena ketenarannya, klan Uchiha telah muncul dan menjadi perbincangan dari beberapa sudut pandang, termasuk zodiak dan tes MBTI.

Karena karakter di Naruto begitu kuat, banyak orang mengira-ira bagaimana karakter mereka jika dilihat dari tes MBTI. Tes MBTI sendiri merupakan tes kepribadian.

Mungkin saja antara kamu dan salah satu anggota klan Uchiha ini memiliki kemiripan.

Buat kamu yang penasaran, berikut ini adalah anggota klan Uchiha jika dilihat berdasarkan MBTI-nya.

1. Sasuke Uchiha - INTJ-T

Naruto - Sasuke Uchiha. (fandom)

INTJ sangat intens dan seringkali didorong oleh kekhawatiran dan kekhawatiran mereka sendiri. Dunia mereka biasanya tenang dan rasional. 

Kepribadian INTJ-T seringkali asosial, sinis, dan bahkan memandang rendah siapa pun yang mereka anggap tidak berada di level mereka.

Sasuke adalah representasi yang sesuai untuk karakter MBTI yang satu ini.

2. Itachi Uchiha - INFJ

Naruto - Itachi Uchiha sebagai Anbu. (fandom)

INFJ merupakan salah satu tipe MBTI yang paling langka, ini adalah sosok yang penuh perhitungan dan tertutup. 

Tipe ini dianggap sebagai badai sempurna dari perfeksionis yang santai sebab memiliki sifat gabungan antara logis dan emosional, kreatif dan analitis.

Mereka juga cenderung menyerah atau memiliki banyak tekanan di piring mereka, memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi terhadap diri mereka sendiri dan orang lain.

Singkatnya, semua itu terdengar seperti Itachi. Dia sangat idealis dan perfeksionis.

3. Shisui Uchiha - ENFJ

Shisui Uchiha. (Fandom)

ENFJ adalah tipe orang yang hangat, setia, ramah, dan sensitif yang seringkali merupakan jenis "orang-orang" kuat.

Mereka mampu menjalin persahabatan yang langgeng, bahkan jika orang tersebut sangat tertutup. Mereka juga memiliki sistem nilai yang kuat dan sering bertindak terlalu keras pada diri mereka sendiri meskipun tidak egois.

 Shisui Uchiha benar-benar cocok dengan tipe kepribadian ini bagi banyak penggemar Klan Uchiha, karena dia tidak pernah sombong atau keras kepala.

Dia selalu menunjukkan empati, bahkan kepada orang-orang yang mengkhianati desa. Pengabdiannya kepada teman-teman dan desanya berarti dia tidak pernah termakan oleh Kutukan Kebencian, suatu hal yang langka bagi Klan Uchiha.

4. Obito Uchiha - ENFP

Rin Nohara mengobati Obito Uchiha. (fandom)

Kunci untuk ENFP yang baik adalah keterampilan orang yang luar biasa, karisma, kreativitas, dan fokus masa depan untuk menghasilkan ide-ide baru. 

Mereka biasanya pandai memahami perasaan orang dan mahir dalam hal komunikasi dan empati. Representasi yang cocok untuk tipe kepribadian ini adalah Obito.

Obito adalah genin yang gegabah, yang mengakibatkan hubungannya dengan Kakashi menjadi tegang. 

Dia adalah Naruto bagi Kakashi Sasuke, jadi dia sangat emosional dan mudah stres ketika masih muda. 

5. Madara Uchiha - ENTJ

Madara Uchiha. (IMDB)

Tegas, berkemauan keras, efisien, dan percaya diri adalah ciri khas prajurit terkuat Klan Uchiha dan tipe kepribadian ENTJ.

Komandan sering dicirikan oleh efisiensi yang kejam, menyingkirkan perilaku irasional atau malas apa pun, dan benar-benar menghancurkan apa pun dalam perjalanan mereka ke garis finis.

 Mengacu pada penjelasan tersebut, Madara Uchiha mungkin menunjukkan banyak sifat positif seorang ENTJ, tetapi dia juga memiliki banyak sifat negatif. 

Dia terlalu arogan dengan kemampuannya sendiri, menyatakan berada pada level Sage of Six Paths, dan tidak pernah mundur jika sudah mengambil keputusan.

6. Fugaku Uchiha - ISTJ

Fugaku Uchiha. (fandom)

Secara umum, mereka adalah tipe yang jarang ragu mengambil tindakan atas kesalahan atau pilihan mereka sendiri. Itu pasti cocok dengan mantan patriark Klan Uchiha, karena dia patuh, sangat bertanggung jawab atas semua yang terjadi, dan orang yang tertib.

 Fugaku adalah karakter yang cocok dengan tipe kepribadian ini. Dia keras kepala, menghakimi, dan sering mencoba untuk bekerja berdasarkan arahan.

7. Mikoto Uchiha - ISFJ

Keluarga Fugaku Uchiha: Fugaku, Sasuke, Mikoto, Itachi. (fandom)

Mikoto tampak seperti kebalikan dari Fugaku. Dia berteman dengan Kushina, mau memeriksa Naruto ketika dia baru lahir, ingin membantu Itachi dan Sasuke, dan jauh lebih jeli daripada Fugaku dalam hal anak-anak mereka. 

Ini menunjukkan jika Mikoto Uchiha adalah ISFJ sejati.

 Kelemahan Mikoto sangat khas dari seorang ISFJ adalah dia sangat rendah hati sampai-sampai hampir jinak di sekitar suaminya bahkan ketika dia bersikap agak kasar.

Ini berarti dia terlalu peduli. Dia tidak melakukan perlawanan apapun bersama Fugaku ketika Itachi datang untuk membunuh mereka, hanya menyatakan bahwa dia mengerti alasannya.

8. Sarada Uchiha - ESTJ

Boruto: Sarada Uchiha dan Sharingan. (HiTekno.com)

Anggota terbaru Klan Uchiha dalam satu generasi, Sarada Uchiha dari Boruto: Naruto Next Generations memiliki karakter yang cukup bagus.

Dia memiliki kepribadian tipe ESTJ. Hal ini membuat Sarada dapat diandalkan untuk suatu kesalahan dan sangat berdedikasi untuk melihat semuanya sampai akhir. 

Kelemahan Sarada juga khas dari tipe MBTI-nya yakni dia merasa sulit untuk bersantai, sangat menghakimi ketika menyangkut tindakan Boruto, dan menjadi agak tidak nyaman ketika didorong ke dalam situasi baru dan asing seperti mencoba mencari teman baru.

Sarada juga sangat keras kepala, sifat yang sama dengan orang tuanya.

9. Sakura Uchiha - ESFJ

Sakura Haruno dan Sasuke Uchiha. (HiTekno.com)

Tipe kepribadian ESFJ cenderung altruis, percaya bahwa ada kompas moral yang sangat jelas untuk segalanya.

Belum lagi tipe ini biasanya memiliki hubungan yang baik dengan semua orang dan sangat setia kepada mereka yang mereka anggap sebagai teman atau keluarga.

10. Izumi Uchiha - ISFP

Izumi Uchiha. (Fandom)

Izumi Uchiha jatuh cinta dengan Itachi, dan merupakan contoh langka dari seorang Uchiha yang tidak pernah jatuh ke dalam Kutukan Kebencian yang diderita oleh Klan Uchiha lainnya. 

Dia benar-benar berbagi ketidakpercayaan Itachi dan Shisui dan mencoba meyakinkan Itachi untuk menengahi perdamaian. 

Hal itulah yang membuat fans yakini jika Izumi memiliki sifat positif ISFP. Dia santai dalam menjalani hidup namun juga sensitif dan mudah berempati, dan cukup bersemangat dan ingin tahu.

Itulah karakter 10 anggota klan Uchiha yang terkenal berdasarkan MBTI.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

5 Tokoh Paling Pintar di Anime Naruto, Nomor 1 Bukan Shikamaru