Kamis, 22 Februari 2024
Cesar Uji Tawakal : Senin, 12 Juni 2023 | 18:31 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Wibu merupakan salah satu istilah yang cukup terkenal di Indonesia. “Wibu” memiliki arti yang kurang lebih sama dalam bahasa Indonesia dengan “weeaboo” dalam bahasa Inggris.

Definisi Wibu adalah seorang individu non-Jepang yang sangat cinta terhadap budaya Jepang dan mencoba untuk memasukkan tingkah laku Jepang ke dalam kehidupan sehari-hari.

Namun jika “weeaboo” dalam bahasa Inggris telah berkembang menjadi hinaan yang digunakan untuk merendahkan orang lain, “wibu” dalam bahasa Indonesia tidak selalu memiliki konotasi tersebut.

Dalam budaya lokal, ciri-ciri seorang “wibu” telah berkembang menjadi semacam lelucon di kalangan penggemar budaya Jepang. Mereka telah menjadi semacam identitas bersama yang dapat dihubungkan dengan penggemar lokal.

Banyak orang menganggap remeh Wibu karena disebut sebagai manusia nolep dan punya dunia sendiri. Akan tetapi, banyak juga Wibu yang ternyata sukses lho.

Ya, beberapa artis Indonesia yang ternyata adalah seorang Wibu. Siapa saja mereka?

1. Cinta Kuya

Cinta Kuya cospley sebagai Mikasa dari anime Attack on Titan. (Instagram)

Cinta Kuya merupakan mantan artis cilik yang merupakan anak dari selebritis tanah air, Uya Kuya. Cinta Kuya selama ini dikenal sebagai KPopers.

Akan tetapi, Cinta Kuya ternyata juga seorang Wibu. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya foto cosplay karakter anime di Instagram pribadinya.

Salah satu yang paling menarik yakni ketika dia cosplay menjadi Himouto! Umaru-chan. Dia tampil menggunakan pakaian sekolah jepang dan rambut berwarna kuning.

2. Gilang Dirga

Gilang Dirga. (Instagram/ gilangdirga)

Gilang Dirga dikenal sebagai artis multitalenta. Gilang punya suara yang bagus dan sering menyanyikan lagu Bollywood.

Akan tetapi yang tak banyak orang tahu, Gilang ternyata juga seorang Wibu. Gilang memiliki koleksi komik One Piece lengkap.

Saking cintanya pada One Piece, Gilang memberi nama anaknya yang sudah meninggal dengan nama Ace Dirga.

Kemudian, ia memberi anak laki-lakinya yang lucu dengan nama Gin Dirga. Nama "Gin" terinspirasi dari sebuah kata dalam bahasa Jepang, yang memiliki makna perak atau kemilau keperakan.

3. Uus

Uus. (Instagram/ uusbiasaaja)

Kalau Uus sih sudah tak diragukan lagi ke-Wibuan-nya. Komedian kenamaan tanah air ini dikenal sebagai sosok yang sangat suka dengan anime One Piece.

Ia bahkan memberi nama anak pertamanya dengan nama pengarang manga One Piece yakni Eiichiro D Lucky Namberwan Wijaksana.

Selain mengandung nama pengarang One Piece, Eiichiro Oda, nama anak Uus juga mengandung karakter "D" yang ada di beberapa nama tokoh One Piece misalnya saja Monkey D. Luffy, Rocks D. Xebec, Gol D. Roger dan sebagainya.

4. Teuku Rasya

Teuku Rassya. (Instagram)

Kalau artis yang satu ini hampir tidak terdeteksi radar. Sebab secara penampilan, Teuku Rasya tidak mencerminkan jika dirinya adalah seorang Wibu.

Akan tetapi, Rasya ternyata merupakan salah satu penggemar berat anime Naruto. Anak Tamara Blezinsky ini bahkan mengaku pernah menonton Naruto secara maraton.

5. Kevin Aprilio

Kevin Aprilio.(Instagram/ kevinaprilio)

Kevin Aprilio ternyata juga seorang Wibu. Kewibuan-nya sudah terlihat sejak kali pertama pianis Viera ini muncul.

Bagaimana tidak, Kevin datang dengan rambut lempar pinggir khas gaya rambut banyak karakter anime terkenal saat ini.

Selain itu, Kevin juga kerap mengcover lagu-lagu anime. Tak hanya itu album terbaru Vierratale yang bertajuk Evolve pun juga menggunakan ilustrasi bergaya anime di covernya.

Itulah lima artis Indonesia yang ternyata seorang Wibu.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

One Piece: Mengapa Eiichiro Oda Mengambil Cuti selama Sebulan?