Jum'at, 26 April 2024
Rendy Adrikni Sadikin : Senin, 04 Juni 2018 | 15:40 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Gara-gara Kei Mieno, penampakan seorang gadis berkaus putih basah yang tengah merebahkan diri di sungai mendadak jadi pusat perhatian netizen.

Dengan wajah khas oriental, gadis yang memiliki rambut poni tersebut menatap sendu ke arah siapapun yang memandangnya.

Gadis tersebut tampak berbaring di sungai yang mengalir dengan air yang sangat bening hingga bebatuan di dasarnya pun terlihat,

Tapi tahukah kamu? Jangan patah hati ya, gadis tersebut mustahil untuk kamu temui lho.

Ya, gadis tersebut bukan manusia, dia dan alam sekitarnya merupakan lukisan yang dibuat seorang pelukis fotorealistis asal Jepang, Kei Mieno.

Coba saja kamu lihat lebih dekat sosok gadis tersebut, terdapat guratan-guratan tipis kuas yang tampak jika kamu perbesar gambar itu.

Lukisan hiperrealistis mendapat respons takjub dari netizen, mereka hampir kecele bahwa sosok di lukisan tersebut adalah manusia asli.

Dalam lukisan itu, Kei Mieno menggambar subyek manusia dengan tingkat detail yang sedemikian rupa sehingga mereka menciptakan kesan 'realitas'.

Ketika diwawancarai laman situs Grape, Kei Mieno ingin memisahkan diri dengan genre foto dan realisme yang hiper.

Meski menghargai karya fotografer, dia menganggap bahwa nilai lukisan seharusnya tidak terletak pada kemampuannya untuk meniru proses mekanis fotografi.

Kei Mieno ingin mengagungkan subyektivitas proses 'melihat'.

Sama seperti orang yang bersemangat atau tertarik dengan subjek yang dilihat, sehingga membuat alat indera menilai subyektif.

Proses ini terjadi sebelum orang mencoba untuk menyampaikan apa yang dilihatnya ke dalam bahasa.

"Yang saya coba lukis adalah benda-benda yang persis seperti dilihat mata saya. Dengan menggambar warna, bentuk, dan cahaya di dalamnya, saya berharap untuk menyampaikan semua yang tidak dapat disampaikan oleh bahasa," ujar Kei Mieno seperti dikutip dari Grape.com, Senin (4/6/2018).

Mengenai lukisan gadis yang berbaring di sungai dangkal, Kei Mieno bermain dengan sinar dan bayangan yang berinteraksi dengan sosok itu.

Di Twitter, Kei Mieno mengunggah satu dari karya-karya awalnya dari 15 tahun silam, bersebelahan dengan lukisan gadis tersebut.

Untuk melihat beragam mood dan perasaan di karya Kei Mieno, kamu bisa melihat lebih dekat lukisan-lukisan tersebut.

Berikut karya-karya Kei Mieno yang mengharu biru jagat maya:


BACA SELANJUTNYA

5 Cara Bilang I Love You Pakai Bahasa Jepang, Cocok untuk Nembak Gebetan