Minggu, 28 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 06 Juni 2018 | 14:36 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Saat ini WhatsApp adalah salah satu aplikasi messaging terpopuler secara global. Tercatat, aplikasi ini memiliki pengguna sekitar 1,5 miliar dari seluruh dunia.

Kepopuleran WhatsApp yang masif, sayangnya dimanfaatkan oleh peretas untuk melakukan scam atau penipuan. Berikut ini beberapa scam yang kerap dilakukan oleh peretas:

1. Scam Voucher

Scam seperti ini biasanya menjanjikan voucher hadiah kepada penerima. Namun, penerima harus mengklik tautan yang didapatkan untuk mengambil hadiah.

Dalam tautan tersebut, Anda biasanya harus mengisi informasi pribadi sebagai syarat pengambilan hadiah. Padahal, tautan tersebut akan menjebak Anda untuk memberikan informasi.

2. Scam Pesan Suara

Scam jenis ini biasanya meninggalkan pesan suara di kotak masuk. Anda harus mendengarkan tombol listen untuk mendengarkan pesan. Sayangnya, tombol yang Anda pencet malah memandu Anda untuk memasang malware di ponsel.

3. WhatsApp Gold

Beberapa pengguna sempat melaporkan mendapat pesan untuk mengunduh WhatsApp versi baru. Versi terbaru WhatsApp dinamakan WhatsApp Gold.

Saat tautan diklik, pengguna malah diarahkan ke sebuah situs palsu dan secara otomatis malware terpasang di ponsel.

4. WhatsApp Spy

Anda melihat sebuah link yang mengarahkan Anda ke WhatsApp Spy. Link tersebut menjanjikan pengguna untuk dapat melihat segala jenis percakapan teman. Padahal, Anda diarahkan ke sebuah laman yang mengharuskan Anda membayar.

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Waspada! 4 Penipuan Terpopuler Via WhatsApp.

BACA SELANJUTNYA

Keunggulan WhatsApp Dibandingkan dengan Aplikasi Chatting Pesaing Lainnya