Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 20 Juni 2018 | 19:58 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Netizen dihebohkan dengan hasil pencarian Google. Ketika mencari dengan kata kunci 'Setan' di Google, muncul beberapa foto Amien Rais dan beberapa gambar menyeramkan. 

Kemunculan foto Amie Rais dalam hasil pencarian kata setan di Google ini diduga karena banyaknya pemberitaan mengenai beliau yang memuat kata 'Setan'.

Ditambah lagi, dalam pemberitaan yang terdapat kata tersebut memuat foto Amien Rais. Sehingga foto tersebut ikut masuk dalam rekomendasi pencarian Google.

Dilansir Suara.com, seorang pengacara bernama Aulia Fahmi melaporkan Ketua Majelis Kehormatan PAN Amien Rais atas tuduhan menyebarkan ujaran kebencian penodaan agama melalui media elektronik.

Aulia menyoal pernyataan Amin yang menyebut soal partai Allah dan partai setan. Pernyataan itu disampaikan Amien saat memberikan tausiyah di Masjid Baiturrahim, Mampang Prapatan, Jakarta, Jumat (13/4/2018) lalu.

"Kita buat laporan polisi terkait dengan terlapornya adalah saudara bapak AR (Amien Rais) berhubungan dengan adanya kutipan di media sosial yang saya lihat sendiri. Kalian (wartawan) sudah tahu karena sudah viral mengenai adanya statemen orang tidak bertuhan, statemen partai Allah statement partai setan," kata Aulia.

Mantan Ketua MPR RI itu telah mendiskreditkan parpol dengan sebutan partai setan. Sementara tiga partai yang disebut Amien sebagai partai pembela agama Allah adalah PAN, PKS dan Gerinda.

Dia menduga, maksud dan tujuan Amin melontarkan pernyataan itu untuk memecah belah masyarakat.

Ungkapan Amien Rais yang menggunakan kata 'Setan' tersebutlah yang dimuat oleh banyak media online. Dan menjadi viral di media sosial. Sehingga di internet nama Amien Rais banyak berdampingan dengan kata tersebut.

Jadi tidak heran mesinpencarian Google menghubungkan kata 'Setan' dengan foto Amien Rais.

Tanggapan PA 212

Juru Bicara Persaudaraan Alumni 212 Novel Bamukmin mengakui kaget mengenai fakta tersebut. Ia menyebut, hal itu adalah pelecehan sekaligus penghinaan terhadap Amien yang notabene tokoh nasional.

Baca Juga : Mudik Lebaran, Istri Tertinggal di SPBU
Untuk diketahui, Amien juga menjabat sebagai Ketua Dewan Penasihat PA 212—organisasi eks demonstran anti-Ahok pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta 2017.

“Inalillahi wa ina ilaihi rojiun. Ini bentuk pelecehan dan penghinaan terhadap tokoh nasional yang sekarang justru sedang ingin menyelamatkan agama dan negaranya dari setan setan,” tegas Novel kepada Suara.com, Rabu (20/6/2018).

Selain itu, Novel juga menilai Google Inc sudah tak lagi netral dan menjadi pendukung kekuasaan. Menurutnya, hal itu terjadi setelah ramai kampanye ”2019 Ganti Presiden” terutama di dunia maya.

”Google memang sudah tidak netral, sudah berpolitik, menjadi pendukung kekuasaan. Karena kalau gerakan #2019GantiPresiden berhasil, kami akan memperjuangkan untuk menutup Google dan diganti dengan produk anak bangsa,” tandasnya.

Kata praktisi SEO

Suara.com mewawancarai Dhika Kurniawan, seorang praktisi Search Engine Optimization (SEO) yang sehari-hari bekerja untuk menempatkan sebuah website, blog, atau konten lainnya di halaman terdepan mesin pencari internet.

Menurut Dhika wajah Amien Rais bisa muncul dalam pencarian setan di Google masih berhubungan erat dengan komentarnya pada April lalu soal partai setan dan partai Allah yang ramai diberitakan di website-website berita online.

Sebagian besar berita di situs berita online yang memuat komentar Amien Rais tentang partai setan tersebut memang menggunakan foto Amien Rais sebagai foto utama di laporan mereka.

"Hal yang membuat foto Amien Rais bisa muncul dengan kata kunci setan di Google, karena website-website menamai foto Amien Rais dengan title, keyword, dan deskripsi foto tersebut dengan kata setan," jelas Dhika di Jakarta.

"Hal ini bisa terjadi terhadap siapa saja," imbuh Dhika.

Pada April lalu Amien Rais, dalam sebuah pengajian di Jakarta, mengelompokkan partai-partai politik di Indonesia menjadi Partai Setan dan Partai Allah. Yang termasuk dalam Partai Allah, menurut Amien Rais, adalah PAN, PKS, dan Gerindra.

Hitekno.com/Agung Pratnyawan

BACA SELANJUTNYA

Mission EVO Rilis di Google Play Store, Game Survival Shooter Terbaru