Rabu, 19 Januari 2022
Agung Pratnyawan : Sabtu, 07 Juli 2018 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Keamanan komputer kamu haris lebih ditingkatkan lagi. Karena kini para hacker telah punya trik baru untuk curi password komputer kamu. Sudah amankah data-datamu di komputer?

Sebuah studi baru dilakukan para peneliti dari University of California, Irvine, mengungkap hal yang mengkhawatirkan dari cara Hacker mencuri data dari komputer.

Studi tersebut mengungkapkan bahwa hacker dapat mencuri password berdasarkan panas yang ditinggalkan oleh jari-jari kamu pada keyboard.

Profesor Gene Tsudik mengungkapkan kepada Bleeping Computer yang dikutip Mirror bahwa ini adalah serangan baru yang memungkinkan seseorang dengan kamera termal kelas menengah untuk menangkap tombol yang ditekan pada keyboard normal, hingga satu menit setelah korban masuk ke dalamnya. .

"Jika Anda mengetik kata sandi dan berjalan atau menjauh, seseorang dapat belajar banyak tentang hal itu Anda melakukannya," katanya.

Para peneliti menamai jenis serangan ini 'Thermanator', dan mengatakan bahwa itu dapat digunakan untuk mendapatkan akses ke teks, kode dan bahkan pin perbankan.

Thermanator [Bleeping Computer].

Agar serangan berfungsi, hacker harus menempatkan kamera termal dalam tampilan yang jelas dari keyboard korban.

Rekaman itu dapat digunakan untuk memecahkan kode kunci yang ditekan korban, yang kemudian dapat dirangkai menjadi kode yang berbeda.

Selama uji coba, 31 peserta memasukkan kata sandi mereka pada empat jenis keyboard.

Delapan orang lainnya kemudian diminta untuk menurunkan set kunci yang ditekan, berdasarkan rekaman kamera termal.

Hasilnya menunjukkan bahwa data termal yang direkam hingga 30 detik setelah kata sandi dimasukkan cukup baik untuk memungkinkan penyerang delapan orang tadi untuk memulihkan kunci.

Para peneliti berharap temuan mereka akan mendorong penggantian penggunaan kata sandi, menuju metode yang lebih aman.

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Canggih! Trik Peretas Ini Curi Kata Sandi Komputer Anda.

BACA SELANJUTNYA

5,5 Miliar Password Telah Diretas, Segera Cek Punya Kamu!