Jum'at, 03 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 17 Juli 2018 | 07:00 WIB

Hitekno.com - Facebook seang serius dalam menggarap chip buatan mereka sendiri. Baru-baru ini, mereka merekrut Shahriar Rabii yang selama ini dikenal sebgai ahli dalam pembuatan chip Google.

Di Facebook, Rabii akan menjabat sebagai Vice President and Head of Silicon. Dengan jabatan tersebut, Rabii akan bekerja di bawah Vice President Consumer Hardware Facebook, Andrew Bosworth.

Sebelumnya, ia menjabat Senior Director of Engineering di Google. Rabii bersama timnya mengembangkan chip Google untuk beragam perangkat seperti ponsel, laptop, Google Home, dan banyak teknologi lainnya.

Facebook sendiri sudah membentuk divisi pengembangan chip sejak awal tahun ini. Perusahaan yang berbasis di Menlo Park ini melakukan langkah tersebut untuk meningkatkan performa pusat data.

Selain itu, langkah Facebook mengembangkan chip akan mengurangi ketargantungan mereka dari Qualcomm. Diketahui, Qualcomm memasok chip untuk perangkat Oculus Go milik Facebook.

Di masa depan, Facebook kemungkinan akan menggunakan chip mereka sendiri untuk perangkat seperti speaker pintar.

Chip bikinan Facebook juga dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan kecerdasan buatan (AI). Dengan AI yang lebih canggih, Facebook berharap dapat lebih mengerti konten pengguna.

Selain Facebook, Apple juga diketahui sedang serius mengembangkan chip mereka sendiri. Di 2020, Apple berharap dapat memproduksi laptop dengan chip sendiri.

Tulisan menganai pembuat chip Google ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Facebook Bajak Teknisi Top Google?

BACA SELANJUTNYA

Cara Main Mobile Legends Bang Bang di PC Pakai Google Play Beta