Kamis, 28 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Jum'at, 03 Agustus 2018 | 12:18 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kebakaran yang terjadi di Gili Lawa yang berada di Taman Nasional Komodo, NTT memang sedang ramai diperbincangkan.

Kejadian di salah satu pulau di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya ini langsung membuat geram banyak pihak bahkan menjadi Trending Topik di Twitter pagi ini, Jumat (03/08).

Video kebakaran yang terjadi di Gili Lawa ini langsung viral setelah diunggah oleh akun Instagram @asokaremadja di Insta Story miliknya.

"Asli sedih banget liat kaya gini, buat orang yang dah pernah kesana pasti super kecewa sama tour operator yang dengan bodohnya menyalakan api di taman nasional! Otak dipake otak jangan cuman pajangan doang!" tulisnya setelah repost dari akun Instagram @kurniawan_jack.

Kurniawan sendiri adalah salah satu guide dan koki yang bekerja di Labuan Bajo tersebut.

Menurut kesaksiannya yang sedang istirahat di kapal, ia terbangun setelah mendengar suara gemuruh api yang kencang. Api terang tersebut melahap habis seluruh Gili Lawa.

Pengguna Instagram dengan username @asokaremadja juga mengunggah kesaksian beberapa saksi mata pada saat kejadian tersebut. Beberapa turis tersebut mengaku ada di lokasi kejadian.

Salah satu di antara mereka yang bernama Thomas DA, mengaku melihat sekelompok orang yang sedang melakukan semacam foto pernikahan sambil menyalakan beberapa api untuk menghasilkan foto yang bagus.

Tidak langsung memadamkan sisa api tersebut, kelompok ini hanya meninggalkannya begitu saja.

Kebakaran Gili Lawa. (instagram.com/asokaremadja)

Dalam Insta Story milik @asokaremadja, ia juga mengunggah pengakuan dari beberapa pengikutnya mengenai sebuah trip operator yang memiliki konsep foto malam dengan menggunakan properti api.

Asoka memilih untuk tidak langsung menuduh salah satu tour operator dan menunggu hingga adanya konfirmasi dari pihak tersebut.

Kebakaran Gili Lawa. (instagram.com/asokaremadja)

Pagi tadi, sekitar pukul 6 pagi, salah satu tour operator dengan nama Instagram @indonesiajuaratrip mengunggah konfirmasi mengenai kejadian di Gili Lawa.

Tour operator ini mengaku jika kejadian tersebut diduga terjadi karena kelalaian seoran tour leader yang bertugas.

Menurut pihak tersebut, yang bersangkutan masih dalam pemeriksaan polisi, dan bila terbukti bersalah, pihak tour operator akan melakukan tindakan keras.

"Kami dari pihak perusahaan menghormati proses hukum yang berlaku dan untuk saat ini pihak berwajib belum memutuskan siapa yang bersalah dalam insiden ini," tulis public relation dari Indonesiajuara ini.

Kebakaran Gili Lawa. (instagram.com/indonesiajuaratrip)

Setelah ramai beredar dugaan bahwa kejadian di Gili Lawa terjadi akibat kelalaian tour operator Indonesiajuara, akun Instagram-nya langsung ramai dengan ungkapan kekecewaan netizen.

Foto seorang wanita cantik yang terakhir diunggah akun ini langsung banjir komentar yang saat ini sudah berjumlah lebih dari 3000.

"GA PERNAH SEMARAH INI. YG TERKENA DAMPAK ADALAH ALAM. PLEASE TOLONG SEDIKIT AJA ADA RASA CARE DAN BERTANGGUNG JAWAB UNTUK MENJAGA ALAM. APAPUN ALASANNYA TIDAK BISA DIBENARKAN. ATTITUDE OVER EVERYTHING DUDE!!!!!! AT LEAST ADMIT IF THIS IS YOUR FAULT AND TRY NOT TO TO THIS AGAIN. THATS IT. PALING GA ITU YG BISA DILAKUKAN SEKARANG. NASI SUDAH MENJADI BUBUR," tulis akun Instagram @prasti.rama.

"jujur sedih buat gue yang belum pernah ke labuan bajo huhu kalian mematahkan hati orang” yang mau liat keindahan indonesia garagara segelintir org yg ga bertanggung jawab hanya demi foto" tulis @incla02.

"Kalo demi konten ampe rela ngelakuin hal2 yg berpotensi ngerusak alam ya dimana otaknya." tulis @boyandriestap.

Dalam akun Instagram @kurniawan_jack, ia mengunggah foto keadaan Gili Lawa sebelum dan sesudah kebakaran berikut ini.

Sungguh sangat disayangkan ulah oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab ini.

Untuk kamu yang berencana melakukan liburan ke seluruh objek wisata di Indonesia, jangan lalai dan merusak keindahan alam Indonesia. Semoga pelaku dan pihak yang bertanggung jawab mengenai kebakaran Gili Lawa segera ditemukan ya.

Update Terbaru: Kebakaran Gili Lawa

Pada Jumat (03/08) pukul 11 siang ini, akun @asokaremadja mengunggah sebuah screenshot percakapan konfirmasi dari salah satu polisi kehutanan di Taman Nasional Komodo.

Menurut polisi kehutanan tersebut, kejadian terjadi sekitar pukul 18.30. Api bisa dipadamkan pada jam 3.40 subuh.

Polisi kehutanan ini juga mengkonfirmasi jika pelaku kebakaran tersebut adalah salah satu tamu dari Indonesiajuara.

Kebakaran Gili Lawa. (instagram.com/asokaremadja)

Sejauh ini, tamu tersebut sudah di bawa ke kantor kepolisian di Manggarai Barat untuk kemudian dimintai keterangannya.

Asoka menambahkan jika benar dan sudah terbukti, pelaku akan di proses secara hukum dan tour operator Indonesiajuara akan mendapat blacklist untuk masuk ke Pulau Komodo.

Gili Lawa juga akan ditutup sementara dari kegiatan wisata.

Dalam unggahan terakhirnya, Asoka mengunggah screenshot dari terduga pelaku yang sedang memegang rokok di tangan kanannya pada saat di Gili Lawa.

Kebakaran Gili Lawa. (instagram.com/asokaremadja)

Kita nantikan konfirmasi resmi dari pihak kepolisian mengenai pelaku dan oknum travel terduga pelaku kebakaran Gili Lawa ya.

BACA SELANJUTNYA

Richard Theodore Minta Maaf Soal Konten Tes Kejujuran, Netizen Malah Makin Murka