Minggu, 28 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 14 Agustus 2018 | 08:02 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Hari ini (14/08) mesin pencarian, Google dihiasi dengan keindahan bawah laut, hal ini dibuat Google Doodle untuk memperingati hari ulang tahun Taman Nasional Bunaken yang ke 27.

Taman Nasional Bunaken adalah taman laut yang terletak di wilayah Sulawesi Utara, Indonesia.

Seperti yang dikutip dari laman Wikipedia, keindahan taman nasional yang indah ini terletak di segitiga terumbu karang yang merupakan habitat untuk 390 spesies terumbu karang dan berbagai spesies ikan.

Tidak hanya terumbu karang dan ikan, Bunaken juga menjadi tempat spesies alga seperti Caulerpa, Halimeda dan Padina.

Sedangkan beberapa spesies rumput laut yang banyak ditemui adalah Thalassia hemprichii, Enhallus acoroides dan Thalassaodendron ciliatum.

Taman Nasional Bunaken. (Pinterest)

Wilayah seluas 890 km ini terdapat 22 desa dengan jumlah penduduk sekitar 35.000 jiwa yang bermata pencaharian sebagai nelayan, petani kelapa, ubi jalar, pisang dan rumput laut yang nantinya diekspor.

Taman Nasional Bunaken yang terkenal dengan tempat menyelamnya ini resmi didirikan pada tahun 1991 dan merupakan salah satu taman laut pertama Indonesia.

Bahkan di tahun 2005, Indonesia mendaftarkan taman nasional ini pada UNESCO untuk dimasukan dalam situr warisan dunia.

World Wildlife Fund (WWF) memberikan bantuan konservasi sebagai bagian dari "Sulu Sulawesi Marine Eco-region Action Plan".

Bantuan konservasi untuk Taman Nasional Bunaken tersebut meliputi patroli yang berhasil mengurangi penggunaan bom dalam menangkap ikan.

Hal ini karena Taman Nasional Bunaken ini mengalami degradasi kecil akibat penambangan terumbu karang, kerusakan akibat jangkar, penggunaan bom, kegiatan menyelam dan sampah.

Wah alam yang indah harusnya dijaga ya guys, kalau kamu sudah pernah main-main ke Taman Nasional Bunaken ini?

BACA SELANJUTNYA

Pengguna Fitbit Kini Punya Opsi untuk Login dengan Akun Google