Jum'at, 26 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Jum'at, 17 Agustus 2018 | 08:48 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Hari ini, Jumat (17/08) mesin pencarian raksasa, Google Indonesia turut memeriahkan kemerdekaan Indonesia di laman Google Doodle.

Kalau kamu membuka laman Google Doodle kamu sekarang, kamu akan menemukan gambar tiga anak kecil sedang berlomba balap karung.

Perayaan kemerdekaan Indonesia memang sering diwarnai dengan perlombaan-perlombaan seperti lomba makan kerupuk, panjat pinang, tarik tambang dan yang paling terkenal adalah lomba balap karung.

Bertepatan tanggal 17 Agustus, di hari yang sama 73 tahun yang lalu, Presiden Ir. Soekarno membacakan teks proklamasi didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat tepat pukul jam 10.00 pagi.

Pembacaan proklamasi tersebut dihadiri oleh Soewirjo, Wilopo, Gafar Pringgodigdo, Tabrani dan Trimurti berlangsung khidmat.

17 Agustus 2018. (Wikipedia)

Acara tersebut disambung dengan pidato singkat tanpa teks dan pengibaran bendera Merah Putih, yang telah dijahit oleh Ibu Fatmawati.

Seperti yang dilansir dari laman Wikipedia, sebelum hari kemerdekaan, tepatnya tanggal 16 Agustus 1945, Chaerul Saleh, Sukarni, Wikana bersama dengan Shodanco Singgih dan salah seorang anggota PETA membawa Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok. Yang kemudian hal ini terkenal dengan peristiwa Rengasdengklok.

Setelah peristiwa tersebut pada pukul 02.00-04.00 dini hari, Ir. Soekarno bersama Drs. Moh. Hatta dan Mr. Ahmada Soebarjo menyusun teks proklamasi untuk keesokan harinya

17 Agustus 2018. (Wikipedia)

Teks proklamasi ditulis oleh Ir. Soekarno sendiri dan teks naskah proklamasi tersebut telah mengalami perubahan yang dikenal dengan sebutan naskah 'Proklamasi Otentik' yang merupakan hasil ketikan oleh Mohamad Ibnu Sayuti Melik.

Sebuah perjuangan yang tidak mudah untuk bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan hingga hari ini.

Untuk itu kalian juga harus mempertahankan kemerdekaan Indonesia ini dengan hal-hal yang positif ya.

Semarak 73 tahun kemerdekaan Indonesia ternyata juga dimeriahkan oleh Google Indonesia hari ini lho, mesin pencari raksasa ini merilis gambar Google Doodle edisi kemerdekaan Indonesia.

Namun ada hal yang berbeda akan kamu temukan ketika kamu mengarahkan kursor ke gambar Google Doodle hari ini.

Google Doodle menulis caption, yaitu 'Dirgahayu Indonesia ke-59' padahal Indonesia sedang merayakan kemerdekaan yang ke-73 tahun.

Google Doodle. (Google)

Namun keadaan ini akan kamu temukan, ketika kamu masuk akun Google dengan pengaturan Bahasa Indonesia.

Sedangkan untuk kamu yang masuk akun Google dengan pengaturan Bahasa Inggris, caption yang tertulis hanya 'Indonesia Independence Day 2018.

Kalau Google merayakan dengan Google Doodle-nya, kalau kamu gimana caranya merayakan kemerdekaan Indonesia ke-73 ini? Dan Dirgahayu Republik Indonesia, Merdeka!

BACA SELANJUTNYA

Cara Main Mobile Legends Bang Bang di PC Pakai Google Play Beta