Jum'at, 26 April 2024
Tinwarotul Fatonah | Amelia Prisilia : Sabtu, 18 Agustus 2018 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pada perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia pada Jumat (17/08), akun Twitter @motulz mengunggah sebuah video saat seorang bocah asal Atambua yang memanjat tiang bendera demi berkibarnya Merah Putih.

Aksi heroik bocah bernama Joni Kala ini langsung viral dan membuat haru banyak orang.

Peristiwa tersebut terjadi pada upacara HUT ke-73 Republik Indonesia yang digelar di Desa Silawan, NTT. Desa ini berada di perbatasan antara Indonesia dan Timor Leste.

Saat tim Paskibra sedang bersiap untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih, tali yang mengaitkan ke tiang tiba-tiba tidak berfungsi.

Ternyata, ujung tali yang berada di bagian atas tiang malah tersangkut.

Joni yang saat itu berada dalam barisan paduan suara, langsung berlari dan memanjat tiang agar tali tersebut dapat berfungsi normal.

Walaupun di tengah pemanjatannya ia sempat diminta untuk turun, Joni tetap melanjutkan aksinya agar bendera Merah Putih bisa berkibar.

Saat memanjat, tiang yang lumayan tinggi tersebut sempat bergoyang saat ia sudah berada di ujung tiang. Peserta upacara yang lain langsung menahan tiang hingga Joni turun.

Suara tepuk tangan mengiringi aksi heroik bocah yang masih duduk di bangku SMP ini.

Video berdurasi 2 menit yang diunggah @motulz ini langsung mendapat 23.929 retweets dan 1.200 balasan dari sesama pengguna Twitter.

Netizen pun menulis komentar terharu terkait aksi heroik Joni Kala ini.

"Apa cuma gue yg terharu, sekaligus malu sama diri gue sendiri liat bagaimana mereka yg jauh di pelosok begitu mencintai negerinya, tapi yg ada di jantung negeri, justru sibuk mementingkan kepentingan diri dan golongannya, Merdekalah Indonesia," tulis @RestuAria.

"Merinding....sangat heroik..!" tulis @Yohanes_swa.

"Saya juga ikut nangis.. mereka hidup dengan keterbatasan. Tapi Cintanya sama negeri ini tak terbatas. Makin benci sama tukang hoax," komentar @PambudiTri.

Akun Twitter @motulz juga menyampaikan rasa penasarannya dengan bocah SMP heroik asal Atambua bernama Joni Kala, yang memanjat tiang bendera demi Merah Putih.

BACA SELANJUTNYA

Sekolah Yohanes, Si Pemanjat Tiang di Atambua Dipasang Internet