Minggu, 28 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Senin, 20 Agustus 2018 | 12:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Mungkin masih segar diingatan kita semua akan aksi heroik Yohanes Gama Marchal Lau yang memanjat tiang bendera untuk memperbaiki pengikat tali, saat upacara peringatan Hari Kemerdekkan Republik Indonesia ke-73 tahun di Atambua.

Aksi bocah SMP Negeri 1 Silawan, Atambua ini tidak hanya mendapat apresiasi oleh seluruh warga Indonesia saja, namun Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Melalui badan Komunikasi Teknologi dan Informasi (BAKTI), salah satu unit kerja di bawah Kemenkominfo, mengundang Yohanes hadir pada peresmian kantor baru BAKTI di Menara Merdeka, Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Sabtu lalu.

Dalam keterangan tertulis di situs Kominfo, BAKTI Kemenkominfo juga akan memberikan fasilitas akses internet broadband untuk SMP Negeri 1 Silawan, tempat Yohanes bersekolah.

Seperti yang kita ketahui, aksinya yang heroik dan patriotis ini menjadi viral di media sosial beberapa waktu lalu.

Joni Kala. (Screenshot video twitter/motulz)

Pasalnya, Yohanes adalah seorang murid yang duduk di kelas 7 SMP Negeri nekat memanjat tiang bendera saat mengetahui pengikat tali bendera tersangkut saat petugas pengibar bendera tidak bisa mengibarkan bendera Merah Putih.

Yohanes yang saat itu berada dalam barisan paduan suara, langsung berlari dan memanjat tiang agar tali tersebut dapat berfungsi normal.

Meski dalam video yang diunggah di media sosial tersebut terdengar seseorang untuk memintanya turun , namun ia tetap melanjutkan aksinya agar bendera Merah Putih bisa berkibar.

Setelah berhasil memperbaiki tali pengait tersebut, Joni segera turun dengan diiringi suara tepuk tangan dari peserta upacara yang saat itu hadir.

Dengan segara dipasanganya internet di sekolah Yohanes, semoga menjadi semakin bersemangat untuk belajar ya.

BACA SELANJUTNYA

Menyelam di Selokan Pungut Sampah, Aksi Heroik Petugas PPSU Ini Tuai Pujian