Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 23 Agustus 2018 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ternyata bukan cuma manusia saja yang tertarik dengan kilauan berlian. Seekor semut diketahui hendap mencuri berlian. Kenapa seekor semut curi berlian?

Upaya seekor semut mencuri sebuah berlian menjadi viral setelah video yang merekam aksi nekat serangga itu tersebar luas di internet. Peristiwa itu terjadi di sebuah toko perhiasan di New York, Amerika Serikat, pada 7 Agustus lalu.

Dalam video berdurasi 47 detik yang diunggah di YouTube itu, terlihat seekor semut sedang membawa sebuah berlian kecil di atas meja. Aksi semut tersebut cukup memukau, karena berlian yang dibopongnya itu berukuran hampir setara dengan ukuran tubuhnya.

Menurut Helen McCreery, ahli biologi dan peneliti semut pada Michigan State University, Amerika Serikat semut memang dikenal biasa mengumpulkan makanan dan juga objek-objek yang dinilai cocok untuk membangun sarang mereka.

Sudah lazim pula kita melihat semut mengangkat objek yang lebih besar dan lebih berat dari bobot tubuh mereka.

Semut Curi Berlian. (YouTube)

"Saya pernah melihat semut menyeret objek-objek yang bobotnya 100 kali lebih berat dari berat tubuh mereka. Semut memang sangat kuat," kata McCreery pada Live Science.

Meski demikian, McCreery mengaku heran mengapa semut itu memungut berlian. Ia menduga ada semacam lapisan di berlian itu yang membuat semut mengira perhiasan itu adalah sejenis makanan.

Uniknya lagi, video itu tak menunjukkan bagaimana akhir dari upaya nekat semut tersebut. Apakah pemilik toko memutuskan untuk merebut berlian itu dari semut? Atau jika sudah mengambil berliannya, apakah mereka membiarkan semut itu pergi begitu saja dan kembali lagi di lain waktu untuk mencuri berlian?

Adapun video aksi nekat semut mencuri berlian itu sudah disaksikan lebih dari 1,5 juta kali.

Tulisan mengenai semut curi berlian ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Viral, Semut Berusaha Curi Berlian.

BACA SELANJUTNYA

Viral Jamaah Wanita Ribut Saat Salat Idul Adha hingga Jambak-jambakan, Diduga Gegara Hal ini