Jum'at, 26 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 06 September 2018 | 16:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Melalui thread yang diposting akun @daniellsinaga di Twitter mengenai rumus fisika rice cooker akhirnya teka-teki nasi bisa tahan lama terjawab sudah.

Thread kali ini bukan mengenai berbagi pengalaman atau hal receh yang biasanya diposting di Twitter, namun kali ini sangat bermanfaat.

Akun @daniellsinaga mengungkapkan rahasia fisika sebuah rice cooker untuk membuat nasi tidak cepat basi.

Dari cuitan yang diunggahnya, @daniellsinaga juga menyertakan foto hasil screenshoot dari akun Facebook dengan akun Mikrajuddin Abdullah.

Mikrajuddin Abdullah sendiri ini merupakan dosen fisika dari Institut Teknologi Bandung, salah satu komentar netizen @ydindria mengungkapkan kalau beliau mengajarkan di kelas memang suka mengaitkan rumus-rumus yang dipelajari dengan peristiwa sehari-hari.

@ydindria ''Dosen fisika itebe nih, kalo di kelas emang suka mengaitkan rumus-rumus yg dipelajari ke peristiwa sehari-hari''.

Dalam postingan tersebut, Mikrajuddin menceritakan istrinya selalu mengaduk nasi dalam rice cooker setelah nasi matang.

Menurut pernyataannya, kalau nasi tidak diaduk, nasi akan cepat basi.

Hal itu merupakan bukan alasan yang asal lho, nyatanya ada rumus fisika yang bisa dijelaskan.

Thread rumus fisika ricecooker. (Twitter/@daniellsinaga)

Setelah nasi matang masih terdapat air yang terperangkap antara butiran nasi, dengan diaduknya nasi maka air akan keluar melalui proses penguapan atau difusi.

Jadi kalau nasi tidak diaduk, maka air akan mengendap cukup lama dalam nasi dan dapat menyebabkan nasi cepat basi.

Jika nasi diaduk setelah matang, maka antara butiran nasi akan terdapat ruang kosong untuk mengeluarkan air dan menguap yang ada di butiran nasi.

Dengan melakukan hal tersebut, gas akan keluar dan jumlah air akan berkurang yang membuat nasi bisa awet cukup lama dan tidak cepat basi.

Tidak hanya mendeskripsikan secara tulisan, akun Facebook Mikrajuddin Abdullah juga menjelaskannya dalam bentuk gambar, grafik lengkap dengan rumus fisika.

Thread rumus fisika ricecooker . (Twitter/@daniellsinaga)

Melalui thread tersebut banyak netizen yang memuji postingan bermanfaat dari @daniellsinaga.

Akun @yuska77 mengungkapkan bahwa hal ini harusnya diajarin di sekolah ''Penting banget ini, harusnya diajarin di sekolah''.

@roseuserenity juga menyetuji rumus fisika ini dari ibunya ''mamaku dari pake rice cooker pasti begini, tapi ditunggu tanak dulu (15 menit setelah ngejetrek matang) terus diaduk deh''

@torelicious ''Nyokap dari dulu udah gitu,, tapi tujuannya nyokap sih biar nasinya cepet keras, kalo baru mateng kan agak lembek.

Dalam akun @Marshpanda juga memuji orang jaman dahulu yang sudah menerapkan rumus fisika ini ''Berarti orang jaman dahulu hebat ya. Mereka selalu mendinginkan nasi yang baru matang di pindah ke bakul lalu di kipas2''.

Hal ini bisa kamu terapkan untuk kamu yang setiap hari memasak dengan rice cooker ya guys biar nasi yang kamu masak tidak terbuang sia-sia karena basi.

BACA SELANJUTNYA

Ketahuan Selingkuh, Nama Syahnaz Sadiqah Rajai Kolom Trending di Twitter