Senin, 29 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Senin, 24 September 2018 | 16:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah foto-foto rombongan ibu-ibu asal Bugis Makassar yang tampil dengan pakaian mencolok usai pulang dari tanah suci menjadi viral di media sosial.

Rombongan ibu-ibu ini mengenakan pakaian mewah dengan warna mencolok lengkap dengan perhiasan emas dalam jumlah banyak yang dikenakan. Sesaat, penampilan mereka langsung mencuri perhatian netizen.

Seiring dengam beredarnya foto-foto rombongan ibu-ibu ini muncul kisah lain dari pemilik akun Facebook bernama Aliyah Ummu Hafizh yang saat itu berada dalam pesawat yang sama dengan rombongan ibu-ibu ini.

Dalam perjalanan pulang dari Mekkah, Arab Saudi, Aliyah tiba-tiba saja dikejutkan dengan beberapa penumpang jamaah wanita yang heboh padahal pesawat baru melakukan perjalanan selama lima jam.

Rombongan ibu asal Bugis. (instagram/newstijen)

Jamaah wanita yang heboh tersebut sebelumnya mengenakan hijab rapi dan tertutup rapat. Namun, tiba-tiba mengganti kostumnya dengan menggunakan baju mewah lengkap dengan dandan menor dan talili, sebuah penutup kepala khas jamaah haji Bugis, Makassar.

Aliyah mengaku sebelumnya pernah mendengar cerita mengenai hal serupa dari jamaah lainnya, khusus hari ini, ia akhirnya bisa menyaksikannya secara langsung.

Kehebohan para ibu-ibu ini, langsung menarik perhatian banyak orang termasuk salah satu kru pesawat warga negara asing.

Si kru pesawat langsung bertanya pada seorang pramugari yang duduk di pojok pesawat bagian belakang yang posisinya bersebelahan dengan Aliyah.

''Dalam percakapannya dalam Bahasa inggris saya sedikit bisa menangkap bahwa bule tersebut menanyakan kenapa mereka tiba2 berganti pakaian seperti itu?'' tulis Aliyah.

Rombongan ibu asal Bugis. (instagram/newstijen)

Si pramugari lalu menjawab bahwa hal tersebut merupakan bentuk selebrasi saat orang Makassar pulang menunaikan ibadah haji. Lebih lanjut, pramugari menjelaskan bahwa hal tersebut bukan bagian dari ajaran Islam.

''Dan mengatakan "if moslem syarii fashion like this... Sambil menunjuk ke arah saya...'' tulis Aliyah.

Setelah si kru pesawat tersebut berlalu, Aliyah lalu bertanya pada pramugari tadi mengenai apakah dirinya pernah bertemu kejadian serupa dengan jamaah dari daerah lain. Pramugari tersebut mengaku jika hanya jamaah Makassar yang melakukan hal tersebut.

Ternyata di balik penampilan mewahnya, hal ini merupakan dandanan khas Bugis Makassar yang menjadi warisan adat dan harus mereka lakukan.

Menurut adat setempat, nenek moyang Bugis Makassar mengenakan pakaian yang terlihat nyentrik sebagai wujud syukur kepada Allah karena sudah diizinkan untuk menunaikan kewajiban haji dan telah pulang dengan selamat.

Banyak netizen yang meninggalkan komentar mengenai penampilan para jamaah asal Bugis Makassar ini.

''Nenek saya waktu pulang memakai pakaian seperti itu karna mmng adat nya'' tulis @saskianurjazila123.

''Biarkan saja mungkin adat mereka, asalkan haji di terima dan mabrur'' tulis @miftah_elhuda28.

''Biarkan itu urusan mereka dengan allah.Kita sesama manusia tidak pantas saling menghujat.'' tulis @yuliananovitasari.

Saat diunggah di Instagram oleh akun @newstijen, unggahan mengenai rombongan asal Bugis yang curi perhatian ini sudah mendapat 5.081 likes dan 557 komentar.

BACA SELANJUTNYA

Lihat Aldi Taher Ketemu Ariel Noah, Netizen Malah Minta Buat Lagu