Sabtu, 20 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 27 September 2018 | 09:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ketika kamu membuka halaman depan mesin pencari Google hari ini, kamis (27/9/2018), kamu akan disuguhkan doodle hari ini yang bertema merayakan ulang tahun Google yang ke-20.

Di ulang tahunnya kali ini, Google Doodle kali ini didesain sangat meriah lengkap dengan balon dan tumpukan kado berwarna-warni.

Doodle kali ini juga tidak berupa gambar saja, apabila kamu buka, kamu akan disuguhkan video dari YouTube yang berisi animasi mengenai sejumlah kata pencarian yang dicari di kolom Google dengan berbagai bahasa.

Di video Google kali ini, Google menampilkan tampilan pertama kali Google dan dimulai dengan kata kunci ''What is Google''.

Uniknya dalam video yang menggunakan berbagai bahasa tersebut, Google juga menyertakan kata kunci pencarian dalam bahasa Indonesia lho. Kata kunci yang dipilih adalah ''Apa itu selfie'' yang diucapkan seorang perempuan.

Video dengan durasi 1 menit 37 detik tersebut menampilkan bahasa Inggris, Belanda, Arab, India, Cina, Rusia dan Spanyol dan masih banyak lagi.

Tak lupa di akhir video Google mengucapkan terima kasih dalam berbagai tulisan yang dituliskan dalam berbagai bahasa juga, mengingat Google merupakan mesin pencari raksasa yang banyak digunakan hampir di seluruh dunia.

20 tahun silam, mesin pencari Google yang dibangun oleh Larry Page dan Sergey Brin dalam sebuah kamar asrama.

Larry Page dan Sergey Brin Pendiri Google. (lastampa.it)

Siapa yang menyangka pada tahun 1998 menjadi tahun emas mereka, pendiri Sun Microsystem, Andy Bechtolshiem memberi dana sebesar 100.000 dollar AS sebagai investasi pertama untuk Goggle.

Dengan dana inilah, pada 4 September 1998 Google secara resmi didaftarkan sebagai perusahaan. Kantor Google pun tidak lagi di asrama melainkan di sebuah garasi milik Susan Wojcicki, CEO dari YouTube sejak 2014 lalu.

Di tahun 2000-an Google mulai melebarkan sayap dan memiliki kantor tetap di kawasan Mountain View, California tahun 2003.

Beberapa kali Google merubah tanggal perayaan ulang tahunnya, pasalnya pada tahun 2003, Google merayakan ulang tahunnya pada tanggal 8 September. Sedangkan pada tahun 2004 Google merayakan ulang tahunnya pada tanggal 7 September.

Meski begitu, kamu harus ingat bahwa Google merupakan proyek riset Stanford University yang dikerjakan Larry Page dan Sergey Brin. Mereka mendaftarkan Google.com sejak 15 September 1997.

Sekali lagi Selamat ulang tahun Google.

BACA SELANJUTNYA

Google Resmi Ganti Bard Menjadi Gemini, Ini Tujuannya