Kamis, 28 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini : Rabu, 03 Oktober 2018 | 15:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Bencana Gempa dan tsunami yang melanda wilayah Palu pada Jumat lalu (28/9/2018) mengakibatkan sejumlah fasilitas dan rumah warga rusak.

Akibatnya banyak korban bencana yang kini mengungsi di posko-posko bantuan yang dibangun untuk korban dan para relawan.

Diketahui sekelompok mahasiswa alumni SMA Madani Palu melakukan upaya mengumpulkan data lokasi posko dan titik kumpul korban gempa dan tsunami.

Data ini dilakukan untuk mempermudah proses pengiriman bantuan ke posko bantuan tepat sasaran.

Proyek sukarela ini merupakan ide para mahasiswa yang merupakan warga asli Palu, Sulawesi Utara yang kuliah di luar kota.

Mereka menyebarkan tautan Google Form untuk diisi masyarakat yang mengetahui alamat dan titik koordinat lokasi pengungsian. Nantinya, mereka akan mendapatkan hasil data lokasi pasti titik pengungsian, posko serta rumah sakit yang memanfaatkan Google Maps.

Dari gambar yang diunggah di Google Maps, terdapat jenis posko yakni posko mandiri yang ditandai dengan warna kuning, posko rumah sakit berwarna merah dan sedangkan posko utama atau relawan berwarna biru. 

Salah satu mahasiswa alumni SMA Madani Palu, yang sedang kuliah di Universitas Gadjah Mada jurusan Geografi, Sry Handini Puteri mendapatkan bantuan untuk proses pemetaan posko bencana dari Lab. Sains Informasi Geografi, Fakultas Geografi UGM.

Data yang sudah terkumpul lewat form Google tersebut nantinya akan dispasialkan menggunakan GoogleMyMaps, karena lebih mudah diakses masyarakat yang sudah tersambung dengan Google Maps.

Semua orang boleh menambahkan titik posko sesuai dengan pengetahuan masing-masing. Sejak form tersebut menyebar, jumlah data titik pengungsian terus bertambah dengan cepat.

Peta Persebaran Titik Kumpul Gempa Tsunami Palu, Donggala 2018. (Google Maps)

Hingga hari senin(1/10/2018) lalu, telah ada 291 titik posko yang berhasil disambungkan dalam bentuk peta digital.

Untuk kamu yang ingin menyalurkan bantuan segera di titik lokasi posko bencana melalui Google Maps, kamu bisa melihatnya di link berikut ini.

Peta Persebaran Titik Kumpul Gempa Tsunami Palu, Donggala 2018.

Sedangkan kamu bisa juga bisa ikut membantu dengan mengisi Google Form di link berikut ini.

Google Form Peta Peta Persebaran Titik Kumpul Gempa Tsunami Palu, Donggala 2018.

Dengan adanya peta persebaran posko bencana gempa dan tsunami di Palu ini, bantuan yang disalurkan akan segera sampai.

BACA SELANJUTNYA

Cara Lacak Lokasi Pasangan Pakai Google Maps, Kekasih Posesif Wajib Tahu