Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 09 Oktober 2018 | 17:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ratna Sarumpaet telah mengakui kalau ia melakukan kebohongan dengan mengaku dipukuli, padahal ia habis operasi plastik. Kebohongan atau hoax yang disampaikannya ini sempat membuat gempar.

Namun selain hoax yang dilakukan Ratna Sarumpaet, masih ada hoax lain yang sepat bikin gempar. Baik itu ramai di dalam negeri, maupun di luar negeri.

Berikut ini beberapa hoax yang sempat beredar ramai dan bikin ramai selain yang dilakukan Ratna Sarumpaet.

1. Penemuan Kapal Perang Rusia Berisi Ratusan Ton Emas

Kru kapal Dimitrii Donskoi 1893. (Siberian Times)

Pada Agustus 2018 sempat ramai beredar kabar penemuan kapal perang rusia yang karam pada 1905. Kapal ini berisikan ratusan ton emas.

Namun setelah diselidiki kepolisian Korea Selatan, penemuan ini adalah hoax yang sengaja disebar untuk mengangkat kriptokurensi perusahaan tersebut.

2. Luwak White Koffie Terbakar

Penjelasan oax Luwak White Koffie terbakar berbahaya. (YouTube/MasTeg Channel)

Di pengujung September 2018 ini sempat beredar kabar bahaya Luwak White Koffie yang mudah terbakar. Banyak yang mempraktekkan dengan membandingkan merek lain.

Namun ternyata, terbakarnya Luwak White Koffie ini karena fenomena dust explosion. Bubuk yang lebih halus lebih mudah terbakar.

3. Dokter Anti Vaksin Asal Amerika Serikat

Hoax dokter Amerika Serikat anti vaksin. (Turn Back Hoax).

Pada awal Januari 2018, muncul imbauan dokter asal Amerika Serikat yang menolak vaksin. Disebarkan pula sosok dr. Bernard Mahfoudz sebagai spesialis anti vaksin.

Padahal foto yang dianggap sebagai dr. Bernard Mahfoudz ini adalah seorang aktor film dewasa. Aktor ini memang memerankan banyak profesi dalam film dewasa.

4. Pokemon Go Artinya Aku Yahudi

Ilustrasi Pokemon GO. (GameSpot)

Di saat popularitas game Pokemon Go memuncak, muncul kabar kalau arti nama game ini adalah 'Aku Yahudi'. Bahkan sampai seorang kepala daerah ikut menyebarkannya.

Yang sudah dapat dipastikan arti Pokemon Go adalah 'Aku Yahudi' ini hoax. Pokemon berasal dari singkatan pocket monster, dan go menyimbolkan aplikasi mobile.

5. Papa Kilo Indonesia Kose PKI

Hoax Papa Kilo Indonesia kode PKI. (Facebook/Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax/Hanhan H Hahn).

Di Mei 2016, beredar kabar kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI) dalam nama lain, yaitu Papa Kilo Indonesia.

Sebenarnya Papa Kilo Indonesia adalah komunitas para pilot. Papa Kilo cara penyebutan PK, tanda registrasi pesawat Indonesia.

6. Young Lex Dikeroyok Fans KPop

Young Lex dihajar fans Kpop. (instagram/young_lex18)

Pada Agustus 2018, Young Lex mengunggah foto muka bonyok-bonyok seperti habis dipukuli. Dalam postingan di Instagram tersebut ia mengaku di berkelahi dengan fans KPop.

Selang sehari, Young Lex mengunggah video kebenaran dari foto tersebut. Yang ternyata ia hanya pura-pura dipukuli dengan make-up.

7. Video Aliran Lava Gunung Soputan

Hoax luncuran lava pijar Gunung Soputan. (Facebook/Captain Indonesia Oktoberiandi, SH)

Pada awal Oktober 2018, terjadi erupsi Gunung Soputan. Ikut beredar pula video lava pijar yang disebutkan dari Gunung Soputa meluncur jauh.

Namun setelah penelurusuran, video lava pijar tersebut adalah hoax. Video tersebut sebenarnya dari Gunung Api Fuego di Guatemala, bukan dari Gunung Soputan.

8. Telur Palsu

Beredar hoax telur palsu di NTB. (Turn Back Hoax).

Pada awal 2018, beredar video yang mengklaim kalau menemukan telur palsu. Kabar ini ramai di beberapa tempat seperti Ampenan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB telah melakukan investigasi bersama pihak kepolisian. Dan mengungkapkan kalau kabar telur palsu tersebut hoax.

9. Interview Volunteer Asian Para Games 2018

Hoax interview volunteer. (twitter/awaliaarhn)

Setelah gelaran Asian Games 2018 selesai, Jakarta juga menjadi tuan rumah dari Asian Para Games 2018. Muncullah kabar mengenai interview perekrutan volunteer.

Setelah banyak orang datang, ternyata tidak ada pihak yang bertanggung jawab di lokasi. Netizen pun ramai-ramai menghujat sang penyebar hoax ini.

10. Garam Campur Kaca

Beredar hoax garam dapur bercampur dengan kaca. (Turn Back Hoax).

Pada Agustus 2017 beredar video yang mengaku ada peredaran garam palsu berisikan kaca. Video ini beredar di berbagai grup WhatsApp hingga media sosial.

Dilansir Turn Back Hoax, tidak ada temuan garam bercampur kaca di pasaran. Diduga hoax ini dimunculkan dengan alasan persaingan tidak sehat.

Itulah 10 hoax yang sempat beredar dan menggemparkan. Kesepuluh hoax ini terjadi jauh sebelum Ratna Sarumpaet membuat hoax wajah lebam-lebam habis dikeroyok.

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Kiai di Banten Dipaksa Disuntik Ketahanan Virus?