Kamis, 28 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini : Rabu, 10 Oktober 2018 | 15:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Baru saja seorang fotografer Ronny Buol menempuh ribuan kilometer dan membagikan kisah pengalamannya terjun langsung di Palu untuk merekam dokumenter di daerah bencana.

Rony Buol yang mengaku bekerja untuk lembaga internasional ini menempuh perjalanan 1.100 km perjalanan darat mengendarai sepeda motor dari Manado ke Palu.

Selama bertugas di daerah bencana, dirinya mengaku dibayar sebesar 800 Dolar AS atau sekitar Rp 12 juta perharinya selama seminggu penuh.

Namun setelah melakukan pekerjaannya di Palu, Ronny Buol mengaku beberapa kali terharu dan menahan air mata agar tak keluar karena melihat kondisi langsung di sana.

Kisah Rony Buol di Palu.(Facebook/Ronny Buol)

''Selama bertugas saya seringkali menahan emosi agar air mata tak keluar menyaksikan kondisi korban gempa, tsunami, likuifaksi di Palu, Donggala dan Sigi. Terlebih tiga hari terakhir saya harus menyelesaikan penugasan khusus merekam kondisi anak-anak di pengungsian untuk dokumentasi UNICEF.'' tulisnya di lama Facebook miliknya.

Seperti yang dilansir dari caption yang Ronny unggah, dirinya merasa tidak adil apabila mengambil semua upah untuk dirinya sementara relawan yang bertugas disana tidak dibayar dan bertugas tanpa pamrih.

Kisah Rony Buol di Palu.(Facebook/Ronny Buol)

Karena hal tersebut, fotografer asal Manado ini menyumbangkan sebagian besar bayaran yang ia terima untuk didonasikan untuk mereka yang membutuhkan.

Malam sebelum dirinya kembali ke Manado, dirinya mampir di kantor AJI Palu untuk memberikan bantuan tersebut dan membaginya pada anak-anak yang berada di tenda-tenda darurat.

Dalam unggahannya di Facebook, Ronny Buol juga menyertakan foto dirinya mengenakan baju hitam menyerahkan bantuan di kantor sekretariat AJI Palu.

Kisah Rony Buol di Palu.(Facebook/Ronny Buol)

Kisah haru tersebut mendapat banyak sekali respon dari netizen yang membaca cerita Ronny Buol selama di Palu melalui Facebooknya.

Akun Facebook Rizal Imanullah memberi komentar ''Salam hormat setinggi2nya utk saudaraku Ronny Buol, akan menjadi inspirasi untuk seluruh insan fotografi di Indonesia. God bless you always, brother.''

Jun Yasin Sangadji turut mengucapkan kebanggan untuk Ronny Buol ''Sukses dan salut buat om Ronny Buol, semoga tiba di Manado dengan selamat dan sehat....''

Ronal Simbar ''Sungguh mulia hatimu om Ronny Buol..Tuhan Senantiasa menjagamu dalam perjalanan kembali ke Manado.''

Hingga kini kisah mengharukan postingan fotografer Ronny Buol di Facebook telah disukai sebanyak 574 dan telah mendapatkan 136 komentar.

BACA SELANJUTNYA

Ini yang Perlu Kamu Tahu tentang Apa Itu Social Media Strategist