Senin, 29 April 2024
Rima Sekarani Imamun Nissa | Amelia Prisilia : Sabtu, 13 Oktober 2018 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kabar buruk untuk kamu yang mengaku tidak bisa hidup tanpa internet. Dalam beberapa waktu ke depan, pengguna internet di seluruh dunia akan merasakan mati totalnya jaringan internet selama 48 jam.

Lumpuhnya jaringan internet dunia ini disebabkan domain utama akan menjalani pemeliharaan rutin yang sudah dijadwalkan selama 48 jam ke depan.

Informasi mengenai terganggunya jaringan internet dunia atau down ini langsung viral dan membuat heboh netizen. Pasalnya, sekarang ini fungsi internet begitu penting untuk kehidupan sehari-hari.

Dilansir dari Russia Today, internet seluruh dunia kemungkinan akan mengalami kegagalan koneksi jaringan karena server domain utama dan infrastruktur jaringan bakal down dalam beberapa waktu ke depan.

Internet down 48 jam. (pixabay/fancycrave1)

Internet Corporation of Assigned Names and Numbers (ICANN) akan melakukan pemeliharaan domain dengan mengubah kunci kriptografi yang membantu melindungi buku alamat internet atau Domain Name System (DNS).

Pemeliharaan ini perlu dilakukan untuk menghindari serangan siber yang sedang dan sering menjadi teror bagi seluruh pengguna internet.

Sadar sudah membuat heboh masyarakat dengan pengumuman mengejutkan ini, ICANN mengkonfirmasi lagi jika selama proses pemeliharaan, internet dunia tidak akan terganggu secara total dalam 48 jam seperti yang ramai diberitakan.

Perombakan kunci kriptografi ini hanya akan berdampak pada sedikit pengguna internet di dunia. Hingga pagi ini, proses tersebut sudah berjalan selama lebih dari satu hari. Meski begitu, terbukti tidak ada masalah gangguan internet fatal seperti yang sebelumnya ramai diberitakan.

Internet down 48 jam. (pixabay/Pexels)

Lebih lanjut, ICANN menjelaskan hanya kurang dari 1 persen pengguna internet dunia yang akan terdampak perubahan ini.

Pemeliharaan dan perombakan ini dilakukan ICANN dengan mengganti key signing key (KSK) pada root server untuk menuju pada sistem yang lebih baik dan mampu menangkis serangan siber dengan lebih efektif.

Proses ini sendiri sudah dilakukan sejak 11 Oktober 2018 pukul 16.00 UTC atau pukul 23.00 WIB hingga 48 jam ke depan.

Jadi, tidak perlu khawatir jika internet down, ya. ICANN sudah mengkonfirmasi bahwa hal tersebut tidak mempengaruhi performa internet kamu.

BACA SELANJUTNYA

Depok Viral Lagi, Rumah Panji Gumilang Ternyata Ada di Wilayah Ini