Selasa, 29 November 2022
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 16 Oktober 2018 | 15:06 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kebanyakan orang hanya tahu bahwa Bill Gates adalah satu-satunya orang yang berjasa besar bagi Microsoft. Namun tak banyak yang tahu, Paul Allen adalah seorang pendiri sekaligus teman dari Bill Gates sewaktu mendirikan Microsoft.

Miliarder sekaligus seorang filantropis bernama Paul Allen merupakan sosok penting di balik perusahaan Microsoft yang sekarang menjadi raksasa teknologi. Paul Allen meninggal saat berusia 65 tahun karena penyakit kanker.

Ia mendirikan Microsft bersama dengan Bill Gates di tahun 1970-an. Allen merupakan sahabat dan juga rekan kerja Bill Gates pada periode awal pendirian Microsoft.

Komplikasi limfoma non-Hodgin membuat ia akhirnya menghembuskan nafas terakhir. Penyakit kanker yang tak tersembuhkan mempengaruhi sel-sel darah putih sehingga membuat ia wafat.

Paul Allen (kiri) bersama dengan Bill Gates. (Microsoft via Bloomberg News)

Menurut laporan dari Bloomberg Billionaires Index, Paul Allen memiliki kekayaan bersih sekitar 26,1 miliar dolar AS atau Rp 395 triliun.

Ia menyumbangkan lebih dari 2 miliar dolar AS atau Rp 30,4 triliun untuk organisasi nirlaba yang fokus mengurusi kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, pendidikan, lingkungan, dan seni.

Di antara organisasi penelitian ilmiah yang didanainya adalah Allen Institute for Brain Science pada tahun 2003 dan Allen Institute for Artificial Intelligence pada tahun 2014.

Paul Allen. (Paul G Allen Foundation)

'' Saudaraku adalah seorang individu yang luar biasa di setiap levelnya. Kebanyakan orang hanya tahu Paul Allen sebagai teknolog dan filantropis. Bagi kami dia adalah seorang saudara dan paman yang sangat dicintai, dan seorang teman yang luar biasa," kata saudara perempuan Allen, Jody, dalam sebuah pernyataan.

Dikutip dari NDTV, selain aktif mendanai penelitian ilmiah, Allen juga memiliki tim olahraga profesional asal AS yaitu Seattle Seahawks dan Portland Trail Blazers.

Dampak besar yang pernah dilakukan Allen di bidang teknologi adalah ia membantu mengantarkan manusia menuju revolusi komputer personal sehingga kita bisa mencicipi komputer seperti zaman sekarang.

Paul Allen dan Bill Gates. (Thurott)

Di sisi lain, Allen juga berhasil menyalurkan kekayaannya yang sangat besar untuk mengubah Seattle menjadi kota tujuan budaya.

Ketika Microsoft didirikan, pada tahun 1975, mesin-mesin itu (komputer) dikenal sebagai mikro komputer. Mesin itu dijuluki demikian karena saat itu, komputer dekstop masih berupa mesin raksasa dengan ukuran yang sangat besar.

Allen mengusulkan nama Micro-Soft, sebuah istilah yang tepat bagi perusahaan yang membuat perangkat lunak untuk komputer kecil (micro computer).

Meski Paul Allen wafat, namun karyanya berkontribusi mengubah dunia sehingga kita bisa mencicipi laptop atau komputer zaman sekarang.

BACA SELANJUTNYA

16 Rumus Excel Paling Banyak Digunakan, Lengkap Cara Pakainya