Senin, 26 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Senin, 22 Oktober 2018 | 17:00 WIB

Hitekno.com - Viral sebuah video yang menampilkan para petugas Kereta Api menundukkan kepala saat lepas keberangkatan. Melihat video ini netizen pun ribut saling beradu argumen.

Video ini berawal dari akun Twitter @SusiloELS yang dipostingkan pada 19 Oktober 2018. Ia merasa tersentuh dan merinding melihatnya.

''I don’t know what it’s called, I don’t know why they do this. One thing I know: I’m touched, thrilled, and I think I had goosebumps seeing this...'' tulisnya dalam bahasa Inggris.

''Akut tidak tahu ini disebut apa, aku tidak tahu mengapa mereka melakukan ini. Satu hal yang aku tahu, aku tersentuh, senang dan aku merinding melihat ini.''

Tweet ini mendapatkan lebih dari 2 ribu retweet dan 780 like. Banyak juga netizen yang ikut mengomentari video tersebut.

Petugas kereta api tundukkan kepala melepas keberangkatan di peron. (Twitter/@SusiloELS)

 

Keramaian ini dimulai akun Twitter @MerryMP yang kurang setuju dengan sikap petugas kereta api harus menunduk saat melepas keberangkatan.

''Sedih liatnya. Manusia itu setara. Ngga perlu ada yg harus nunduk2 begini. Kecuali ke ortunya. @KAI121 sebaiknya hentikan prosedur ini'' tulisnya di Twitter.

''Mending kalo yg dihormati itu tau diri. Seringnya kan ngga. Lebih baik seremoni perpisahannya diubah jadi dadah2 sambil senyum'' lanjutnya.

Netizen mempermasalahkan gestur dari petugas kereta api ini. (Twitter/@MerryMP)

 

''Ini merupakan kegiatan salam selamat jalan, penghormatan dan apresiasi kami terhadap pengguna jasa kereta api. Tidak hanya porter saja, ini dilakukan oleh petugas lainnya yang terkait langsung dengan keberangkatan KA. Trims.'' balas akun Twitter @KAI121.

Balasan PT Kereta Api Indonesia mengenai gestur petugasnya ini. (Twitter/@KAI121)

 

Kejadian ini mendapatkan beragam tanggapan dari Netizen. Ada yang setuju, maupun tidak setuju mengenai gestur menundukkan kepala petugas kereta api ini.

''Betul pak. Pertama kali merasakan wkt plg kampung ke Kebumen dr Gambir. Terharu, walau skrg sudah beberapa kali melihatnya. Maju terus PT KAI. Mudah2n dpt ditiru oleh BUMN dan instansi yg lain'' kata @Arifin83269875.

''Ini spt di Jepang.... Bahkan di Jepang punggung membungkung smp 90 derajat'' kata @gito_anggoro.

''Iya, emang terlalu berlebihan sepertinya. Mereka dibayar untuk membawa barang bawaan kan ya, bukan untuk memberi hormat kayak gitu. Kalo anak bapak2 itu liat pasti sedih juga '' tulis @Anggit_MR.

''Saya kira melambaikan tangan dengan senyum atau salam tangan menguncup lebih Indonesia, baiknya memang @KAI121 merubah gesture tersebut'' kata @adesaddewa.

''Capek juga loh melambaikan tangan seperti yg anda maksud'' balas @udarifki ke @adesaddewa.

''Ini masalahnya bukan capek atau gak capek, mas. Masalahnya prosedur pemberian salam kaya KAI gini terlalu berlebihan. Merendahkan harga diri manusia dan gak enak dilihat.'' balas @adesaddewa ke @udarifki.

''Justru melambaikan tangan itu yg berlebihan, iya kalo penumpang melambaikan tangan kembali, kalo enggak?'' balas @udarifki kembali.

''Dari video ini tampak gesture crew di stasiun yang mendoakan agar perjalanan kereta api, penumpang dan awak kereta akan selalu aman dan lancar. Salut untuk @KAI121'' tulis komunitas penggemar kereta dalam akun @semboyan35com.

Menanggapi keramaian ini, Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Agus Komarudin memberikan penjelasan mengenai gestur petugas kereta api tundukkan kepala ini.

''Ya, itu salah satu budaya di Daop 1. Di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir atau di stasiun pemberangkatan Kereta Api Intercity (antar kota) di Daop 1'' kata Agus seperti dilansir dari Twitter @keretaapikita.

Gestur petugas kereta api yang tundukkan kepala ini sudah jadi budaya sejak masa angkuta lebaran 2018. Dijelaskan kalau ini dilakukan oleh semua pegawai dan pekerja di lingkungan DAOP 1 di emplasemen atau peron pemberangkatan kereta api.

''Maksudnya sebagai salah satu bentuk pelayanan dan budaya keramahan pegawai atau pekerja di lingkungan KAI. Sebagai bentuk salam hormat, dan sapaan terima kasih kepada penumpang KA.'' lanjutnya.

Jadi diketahui gestur petugas kereta api tundukkan kepala saat melepas keberangkatan kereta ini dalam rangka memberikan penghormatan. Menurutmu sendiri ini berlebihan atau tidak?

BACA SELANJUTNYA

Demi Kejar Orderan, Driver Ojol Seret Motor Lewat Bawah Portal