Minggu, 28 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Sabtu, 10 November 2018 | 09:05 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Setiap tanggal 10 November, Indonesia memperingati Hari Pahlawan. Hari untuk masyarakat Indonesia mengenang perjuangan para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Pagi ini #HariPahlawan, #10November dan #SurabayaMembara menduduki kolom trending topik tertatas di Twitter.

Ribuan netizen Twitter beramai-ramai menyerukan trending Hari Pahlawan versi mereka masing-masing.

Dilansir dari laman Wikipedia, setiap tanggal 10 November, Hari Pahlawan merupakan hari nasional yang bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

Hari Pahlawan ini berguna ntuk memperingati Pertempuran Surabaya yang terjadi pada tahun 1945, di mana para tentara dan milisi indonesia yang pro-kemerdekaan berperang melawan tentara Britania Raya dan Belanda yang merupakan bagian dari Revolusi Nasional Indonesia.

Ilustrasi Hari Pahlawan. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)

Pertempuran di Surabaya yang sangat bersejarah dan untuk mengenang semangat 'arek-arek Suroboyo' (orang Surabaya) berperang melawan Belanda.

Di kota inilah juga peristiwa perobekan bendera Belanda menjadi bendera Indonesia merah putih yang berada di Hotel Yamato (sekarang menjadi Hotel Majapahit) di Surabaya.

Dari perisitiwa tersebutlah Surabaya hingga kini dijuluki Kota Pahlawan, di Surabaya juga terdapat Monumen Tugu Pahlawan setinggi 41, 15 meter berbentuk lingga atau paku terbalik.

Tugu Pahlawan Surabaya. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)

Berbagai komentar dan cuitan diunggah pagi ini oleh netizen Twitter, berikut keseruan Hari Pahlawan di Twitter.

@heniunique ''PIDATO BUNG TOMO Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih merah dan putih maka selama itu tidak akan kita akan mau menyerah kepada siapapun juga#HariPahlawan''

@Sutopo_PN ''Sebuah bangsa tak dapat hidup tanpa sosok pahlawan. Perjuangan merekalah yang melahirkan bangsa dan kisah tentang mereka jugalah yang membentuk imajinasi kolektif yang mempersatukan bangsa itu. Jadikan semangat kepahlawanan sebagai awal perubahan. #HariPahlawan #SurabayaMembara.''

BACA SELANJUTNYA

Jadi Senjata Para Pahlawan, Ini Fakta Bambu Runcing