Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 16 November 2018 | 10:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Jepang telah mengangkat Yoshitaka Sakurada sebagai Menteri Keamanan Siber. Yang ternyata, menteri ini tak pernah memakai komputer.

Yoshitaka Sakurada menduduki jabatan sebagai kepala kantor strategi kemanan siber Jepang, dan juga menteri yang bertanggung jawab atas Olimpiade Tokyo 2020.

Fakta mengejutkan mengenai menteri keamanan siber Jepang yang tak pernah memakai komputer ini terungkap dalam rapat di parlemen pada Rabu (14/11/2018).

Yoshitaka Sakurada, Menteri Keamanan Siber Jepang dan penanggung jawab Olimpiade Tokyo 2020. (Facebook/Yoshitaka Sakurada)

Saat itu, pria 68 tahun ini mengakui kalau tidak pernah menggunakan komputer dan kebingungan ketika ditanya mengenai USB falsh disk.

''Sejak usia 25 tahun, saya menugaskan pegawai dan sekretaris saya, jadi saya tak perlu menggunakan komputer,'' kata Yoshitaka Sakurada.

Pria ini juga kebingungan ketika ditanya anggota parlemen terkait penggunaan USB di fasilitas nuklir Jepang.

Anggota parlemen dari kubu oposisi pun merasa meragukan kapabilitas Yoshitaka Sakurada sebagai menteri keamanan siber Jepang.

Yoshitaka Sakurada, Menteri Keamanan Siber Jepang dan penanggung jawab Olimpiade Tokyo 2020. (Facebook/Yoshitaka Sakurada)

''Tak masuk akal seseorang yang tak pernah menggunakan komputer diberi tanggung jawab untuk kebijakan keamanan siber'' kata Masato Imai, anggota parlemen kubu oposisi.

Ia juga menjadi sorotan publik Jepang karena masalah di persiapan Olimpiade Tokyo 2020. Yoshitaka Sakurada dianggap tidak becus mengerjakannya.

Yoshitaka Sakurada sendiri baru sebulan menduduki jabatan sebagai menteri keamanan siber Jepang. Percayakah kamu, keamanan siber negara dipercayakan pada orang yang tak mengerti komputer?

BACA SELANJUTNYA

7 Makanan Jepang di Anime Suzume no Tojimari