Selasa, 04 Agustus 2020
Agung Pratnyawan : Senin, 19 November 2018 | 22:00 WIB

Hitekno.com - Disney saat ini terkenal dengan sosok Mickey Mouse, juga dengan sederet karakter lucu lainnya. Lalu bagaimana dengan film Disney jadul, apakah selucu sekarang?

Sebuah rekaman film Disney jadul dari tahun 1927 telah ditemukan di Jepang mengungkap seperti apa karakter zaman dulu. Jauh dari masa sebelum ada Mickey Mouse.

Pastinya film ini masih belum berwarna alias hitam putih saja. Dan belum ada pengisi suara karakternya. Cuma ada musik yang dimainkan di latar film ini.

Film berjudul Neck 'n' Neck ini disebut-sebut sebagai film Disney yang hilang. Berisikan Oswald the Lucky Rabbit, karakter Disney yang diperkenalkan di 1927.

Ketika diluncurkan di Amerika Serikat, film animasi berdurasi dua menit ini juga sampai ke Jepang. Walau hanya beberapa copy saja.

Oswald the Lucky Rabbit. (Walt Disney Animation Studio)

Dilansir dari The Asahi Shimbun, pemilik rekaman film Disney Jadul ini adalah Yasushi Watanabe. Ia membelinya saat masih jadi pelajar SMA, 70 tahun yang lalu.

Yasushi Watanabe membelinya sekitar 500 yen saat itu, atau saat ini sebesar Rp 64 ribuan. Saat itu film ini diberi judul ''Mickey cartoon speedy.''

Ia baru menyadari kalai film yang dibelinya dulu sangat berharga setelah membaca buku berjudul ''Oswald the lucky Rabbit: The Search for the Lost Disney Cartoons'' beberapa dekade setelahnya.

Disebutkan kalau Walt Disney saat itu hanya membuat 26 copy film pendek ''Oswald the Lucky Rabbit'' namun hanya 19 yang dapat dikembalikan.

Menurujuk dari buku tersebut, Walt Disney sendiri sedang mencari beberapa copy film yang hilang sejak 90 tahun yang lalu ini.

Oswald the Lucky Rabbit. (Walt Disney Animation Studio)

Yasushi Watanabe yang kini berusia 84 tahun ini telah menghubungi Walt Disney Archives untuk menginformasikan film Disney jadul yang ia punyai.

Dalam film Neck 'n' Neck ini sendiri menceritakan Oswald dan kekasihnya sedang naik sepeda motor dan dikejar-kejar anjing polisi.

''Saya sudah menjadi penggemar Disney sejak lama, saya bahagia bisa mengambil bagian dalam penemuan ini'' ungkap Yasushi Watanabe.

Deretan film Oswald ini penting bagi sejarah Disney. Setelah menciptakan 27 film animasi Oswald ini, Disney kehilangan kepemilikannya karena diambil Universal Studios di 1928.

Setelah itu, barulah Disney mengganti karakter Oswald the Lucky Rabbit ini dengan Mickey Mouse. Dan terciptalah Walt Disney Studios pada November 1928.

Dan barulah pada 2006, Walt Disney mendapatkan kembali karakter Oswald ini. Lalu dimasukkanlah pada pada katalog Disney-produced Oswald film.

Itulah dia kisah ditemukannya rekaman film Disney jadul dari masa-masa era Mickey Mouse. Lebih imut dibanding Mickey Mouse sekarang?