Jum'at, 03 Mei 2024
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 22 November 2018 | 10:00 WIB

Hitekno.com - Sebuah perusahaan berbasis di Amerika Serikat, OpenSignal yang bergerak dalam pemetaan jangkauan nirkabel, menilai kualitas streaming video di Indonesia menjadi yang terburuk di Asia.

OpenSignal sendiri menganalisis kualitas streaming video di 69 negara di seluruh dunia. The State of Mobile Video melaporkan bahwa Indonesia berada di peringkat ke-9 sebagai yang terburuk.

Tidak hanya itu, bahkan pihak OpenSignal secara resmi merilis dalam webnya, Indonesia mendapatkan 45,6 dari 100 poin. Untuk negara yang mendapatkan predikat kualitas streaming terburuk adalah negara Filipina dengan poin 34,98.

Peringkat kecepatan streaming video di dunia. (OpenSignal)

Sementara itu, negara yang dinobatkan memiliki predikat internet terbaik di Asia Timur diraih Singapore dengan skor 66,9 poin.

Skor tersebut mencakup kualitas streaming video yang dapat diakses di Singapore sangat cepat termasuk kecepatan waktu internet hingga kegagalan saat streaming video hingga resolusi video tertinggi.

Predikat tersebut juga membawa negara yang bertetangga dengan Indonesia ini menjadi negara di peringkat 11 dengan predikat kualitas video streaming paling baik di tingkat dunia.

Dilansir dari Suara.com, perbandingan kecepatan pengunduhan keseluruhan, Indonesia menempati peringkat ke-6 terburuk dengan kecepatan keseluruhan 6,66 Mbps, setelah negara Mesir. Sementara yang terendah dipegang oleh India dengan kecepatan 5,63 Mbps.

Kemudian untuk urusan kecepatan pengunduhan keseluruhan, Korea Selatan menduduki peringkat pertama terbaik dengan kecepatan unduh 45,58 Mbps dan diikuti oleh Norwegia dan Singapore.

OpenSignal juga memberikan peringkat lima operator telekomunikasi di Indonesia berdasarkan kualitas streaming video. Peringkat pertama diduduki oleh Telkomsel dan diikuti oleh XL, Smartfren, Tri dan Indosat.

BACA SELANJUTNYA

Samsung Galaxy S24 Series Akhirnya Bisa Memakai Galaxy AI dengan Bahasa Indonesia