Kamis, 18 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 08 Desember 2018 | 14:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Petinggi Huawei, Meng Wanzhou telah ditangkap pihak berwenang Kanada pada Sabtu lalu. CFO Huawei dan putri pendiri perusahaan ini tersangkut kasus yang cukup rumit dengan Amerika Serikat (AS).

Otoritas AS telah meminta eksekutif berusia 46 tahun itu untuk diekstradisi ke Amerika Serikat.

Dikutip Suara.com dari Reuters, penangkapan Meng Wanzhou dilaporkan terkait dengan penyelidikan AS ke dalam sebuah plot menggunakan sistem perbankan global untuk memotong sanksi negara bagian terhadap Iran.

Meng Wanzhou muncul di pengadilan Vancouver pada hari Jumat untuk pemeriksaan jaminan.

Sementara seorang hakim telah mencabut larangan publikasi yang mencegah media melaporkan bukti yang disajikan di pengadilan. Departemen Kehakiman Kanada merahasiakan semua aspek dari kasus ini.

Logo Huawei. (Huawei)

Sontak saja, hal ini memicu kemarahan pemerintah Cina dan telah menuntut pembebasan petinggi Huawei ini.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina, Geng Shuang, mengatakan bahwa baik AS maupun Kanada telah memberikan negara itu bukti bahwa eksekutif telah melakukan kejahatan.

Meskipun ada kekhawatiran bahwa penangkapan itu dapat melukai pembicaraan antara AS dan Cina untuk mengakhiri perang dagang saat ini antara kedua negara.

Logo Huawei. (Huawei)

Jaksa Kanada telah menyebut petinggi Huawei ini beresiko dalam penerbangan dan telah meminta agar pengadilan dilakukan di pusat penahanan.

Sementara itu, Huawei mengatakan pada awal pekan ini bahwa telah diberikan sangat sedikit informasi mengenai tuduhan tersebut dan tidak menyadari kesalahan apa pun oleh Meng Wanzhou.

Media pemerintah Cina menuduh AS berusaha "membungkam" Huawei dan menghentikan ekspansi globalnya.

Saat ini, pembuat smartphone terbesar kedua di dunia yang berada setelah Samsung, Huawei memiliki desain di posisi teratas dan telah menetapkan target 2021 untuk mencapai tujuan ini.

Tulisan mengenai petinggi Huawei yang ditangkap di Kanada ini telah dimuat di Suara.com dengan judul Duh! Bos Huawei Terancam Masuk Bui.

BACA SELANJUTNYA

Huawei MateBook D 16 Terbari Hadir Resmi di Indonesia, Layar Besar namun Ringan