Sabtu, 20 April 2024
Rendy Adrikni Sadikin : Rabu, 12 Desember 2018 | 14:26 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) kembali hadir pada tanggal 12 Desember. Ini adalah momen ketika semua e-commerce berlomba-lomba menarik pelanggan dengan promo yang menarik, baik diskon ataupun cashback yang besar. Salah satunya adalah Lazada.

Situs belanja online ini memberikan diskon hingga 90 persen. Tak mau kalah dengan Lazada, e-commerce sejenis, Shopee dan Bukalapak memberi potongan harga hingga 80 persen.

Sementara itu, platform Pegipegi memberikan cashback hingga Rp 1,2 juta. Meski memberikan promosi yang luar biasa, Shopee, Bukalapak dan Pegipegi memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku. Antara lain, ada kuota pembeli yang ditetapkan untuk suatu barang yang didiskon pada saat flash sale.

Untuk jumlah kuota pembeli yang dibatasi ini, pembeli diharuskan adu cepat dengan pembeli lain. Lain halnya promo yang dilakukan oleh Traveloka. Platform wisata itu tidak menerapkan sistem flash sale, sehingga setiap akun bisa mendapatkan diskon yang ditawarkan oleh Traveloka selama periode promo.

Adapun, nilai transaksi harbolnas meningkat setiap tahun. Transaksi harbolnas mencapai Rp 4,7 triliun pada 2017, sementara pada tahun ini ditargetkan Rp 7 triliun.

Transaksi harbolnas tersebut bisa tercapai dengan berbagai promo yang menarik, seperti berbagai permainan yang diadakan menyambut harbolnas.

Promo yang menarik bagi konsumen menurut survei yang dilakukan oleh Katadata Insight Center adalah diskon, gratis ongkir, dan harga yang lebih murah dibandingkan dengan pembelian offline.

Infografis Harbolnas. (Dokumentasi pribadi)

 

BACA SELANJUTNYA

Sempat Viral Gegara Aniaya Anak, Mantan Petinggi OVO dan Lazada Akhirnya Dipenjara 2 Tahun