Senin, 23 September 2019
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Selasa, 15 Januari 2019 | 17:30 WIB

Hitekno.com - Resmi beroperasi pada Rabu (05/12/2018), kehadiran aplikasi ojek online, Gojek di Jayapura rupanya cukup menarik perhatian. Belum lama ini, seorang netizen mencoba untuk melakukan perbandingan tarif Gojek di Jayapura dan beberapa daerah di Indonesia. Hasilnya sukses membuat siapa saja auto miskin.

Hitung-hitungan tarif Gojek ini diunggah oleh akun @jayapuraupdate pada Kamis (10/01/2019).

Netizen ini dibuat heran. Pasalnya, dengan total jarak yang sama yaitu 5 kilometer, tarif Gojek di Jayapura jika dibandingkan dengan Makassar dan Jakarta jauh lebih mahal.

Misalnya, untuk Gojek di Jakarta pada perjalanan dari Mall Kelapa Gading 2 ke Graha Sentra dengan total jarak 5,2 kilometer, customer hanya perlu membayar Rp 10.000 dengan cash dan Rp 9.000 dengan Go-Pay.

Sedangkan untuk Gojek di Makassar pada perjalanan dari Mall Panakukang ke Jl. Tamangapa dengan total jarak 5,0 kilometer, customer hanya membayar Rp 9.000 dengan cash dan Rp 8.000 dengan Go-Pay.

Hal mengejutkan terjadi pada Gojek di Jayapura. Perjalanan dari SMP YPK SION menuju Mall Jayapura dengan total 5,0 kilometer, customer perlu membayar Rp 23.000 dengan cash dan Rp 22.000 dengan Go-Pay.

Tarif Gojek di Jayapura. (twitter/jayapuraupdate)

Hasil perhitungan ini lalu menimbulkan tanya dari pemilik akun @jayapuraupdate ini.

''Tarif Gojek di Jayapura.. 5 Km Rp. 23 ribu.. Dengan Harga BBM, Kondisi jalan yg sama dengan kota2 besar di jawa.. Mungkin yg bikin mahal disini ongkos berdoa nya kapa'' tulis caption dalam unggahan tersebut.

Menurut netizen ini, kondisi jalan hingga lalu lintas di Kota Jayapura tidak jauh berbeda dengan kota-kota besar lainnya di Jawa. Selain itu, ongkos BBM juga relatif sama dengan daerah Jawa.

Unggahan ini lalu menarik perhatian dan komentar netizen Twitter. Berbagai komentar lalu disampaikan dalam unggahan ini.

Ilustrasi driver ojol angkut penumpang. (suara.com/Muhaimin A Untung)

''Simpel aja, di papua mungkin transaksi belum sebanyak di jawa. Ada ongkos "kemahalan" saat gojek pergi ke tujuan dan jarang mendapat penumpang lagi saat akan "kembali". Sama seperti Tuslah saat mudik lebaran. Beban ongkos yg ditanggung driver 2x lipat'' tulis netizen dengan akun @IndonesiaR4Y4 menebak.

''Mungkin disesuaikan dengan biaya hidup rata-rata sehari di Jayapura/Papua.'' tulis @hypmsf memberikan kemungkinan lain.

''Ada bbrp faktor sebenarnya, Ketersediaan driver, kompetisi pasar juga ngaruh. Di jakarta lebih murah mungkin karena jumlah driver yang sudah banyak serta adanya persaingan dengan tetangga sebelah :)'' komentar pemilik akun @frankpapilaya.

Mengenai perbandingan tarif Gojek di Jayapura dengan beberapa daerah di Indonesia yang sukses buat auto miskin, memang perlu diperhatikan mengenai berbagai hal yang mempengaruhi seperti yang ada dalam komentar netizen di atas.