Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 17 Januari 2019 | 18:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Setelah viral karena mengundang tantangan yang cukup berbahaya, Bird Box Challenge, film Bird Box menuai kontroversi. Salah satu adegan di film yang diputar melalui aplikasi Netflix itu ternyata merupakan rekaman asli terkait peristiwa mengerikan.

Peristiwa tersebut merupakan rekaman nyata dari insiden kereta api yang menewaskan 47 orang.

Di film Bird Box memang tidak secara langsung menyiarkan kereta apinya, namun terdapat sebuah kebakaran yang berasal dari rekaman nyata peristiwa mematikan.

Netflix diketahui menggunakan rekaman nyata dari sebuah peristiwa tergelincirnya kereta pada tahun 2013 di Quebec, Kanada.

Peristiwa itu mengakibatkan kebakaran luas yang menewaskan 47 orang dan menghancurkan sebagian besar kota di sekitarnya, Lac-Mégantic.

Klip ini muncul di awal film, saat Malorie (Sandra Bullock) menggonta-ganti saluran TV.

Saluran tersebut menggambarkan adegan bunuh diri masal di beberapa berita.

Seseorang secara singkat menunjukkan kebakaran yang diakibatkan oleh sliuet kereta api yang dilalap api.

Dilaporkan oleh Mashable, Netflix juga mengakui bahwa salah satu rekaman di Bird Box adalah adegan nyata dari peristiwa Quebec.

Walikota Lac-Mégantic, Julie Morin, mengatakan bahwa adegan itu memicu kontroversi dan menciptakan ''rasa kurang hormat''.

''Cukup sulit bagi warga kita untuk melihat gambar-gambar ini ketika mereka digunakan secara normal dan ditampilkan di dalam berita saat film diputar. Bayangkan saja, menjadikannya fiksi, seolah-olah diciptakan,'' kata Morin dikutip dari Canadian Press.

Mobil yang ditabrak oleh pelaku Bird Box Challenge. (Layton Police Department)

Penggunaan rekaman berbasis berita dalam hiburan film adalah praktik yang sudah umum. Namun pemirsa terus mempertanyakan legitimasi atas ekploitasi tragedi besar.

Setelah challenge yang menuai kontroversi karena berbahaya, kini Bird Box juga banyak ditentang oleh netizen terutama di wilayah Kanada.

Netflix masih bersikeras untuk tetap mempertahankan adegan itu di film Bird Box.

Masih belum jelas apakah Netflix akan meminta maaf setelah adegan kontroversi dan challenge yang menimbulkan bahaya beredar di kalangan pemirsa dan netizen.

BACA SELANJUTNYA

Sinopsis One Piece Live Action, Siap Tayang 31 Agustus 2023