Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Rabu, 13 Februari 2019 | 16:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Melihat panasnya Pemilihan Presiden 2019 yang mempertemukan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno sepertinya cukup seru untuk melihat bagaimana popularitas kedua pasangan ini di Google Trends.

Untuk melihat popularitas kedua pasangan ini di Google Trends, berikut ulasan dari hasil pantauan tim HiTekno.com.

Dari data pada halaman Google Trends, di kawasan Indonesia selama 7 hari terakhir, pasangan Prabowo-Sandiaga Uno sukses mengungguli pasangan Jokowi-Amin.

Membandingkan keduanya, kata kunci 'Prabowo Sandi' dengan warna biru punya grafik yang bergerak jauh lebih tinggi dan mengalahkan kata kunci 'Jokowi Amin' dengan warna merah.

Kata kunci 'Prabowo Sandi' sukses mencetak rata-rata 70 jika dibandingkan dengan 'Jokowi Amin' yang hanya mencetak angka rata-rata 43.

Google Trends Prabowo Sandi dan Jokowi Amin. (Google Trends)

Dari pemetaan pencarian pada seluruh daerah Indonesia juga terlihat bahwa 'Prabowo Sandi' jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan pasangan nomor urut 1, 'Jokowi Amin'.

Beberapa kata kunci yang terkait dengan 'Prabowo Sandi' adalah 'Prabowo sandi komitmen syariat islam' hingga 'Prabowo shalat jumat'.

Sedangkan untuk pasangan 'Jokowi Amin', kata kunci yang terkait dengan pencarian ini adalah 'Orang baik pilih orang baik' hingga 'Jokowi ke cianjur'.

Google Trends Prabowo Sandi dan Jokowi Amin. (Google Trends)

Saat melihat perbandingan dari kata kunci 'Prabowo Subianto' dan 'Joko Widodo', hasilnya cukup beda tipis. Keduanya rupanya bersaing cukup ketat.

Namun, Prabowo sukses ungguli Jokowi dengan nilai rata-rata 55, sedangkan Jokowi hanya mampu mendapat angka rata-rata 48.

Google Trends Prabowo Sandi dan Jokowi Amin. (Google Trends)

Hal ini memang tidak terkait dengan bagaimana pasangan ini saling mengungguli nantinya pada Pemilihan Presiden 2019 mendatang.

Google Trends sendiri dibuat berdasarkan data-data penelusuran yang terjadi pada mesin pencari Google. Hasilnya yang akan dianalisa dan menjadi patokan untuk Google Trends.

Data ini tidak bias dan bersifat anonim yang bisa dikategorikan dan dikelompokan. Adanya Google Trends ini membantu Google untuk mengerti minat penggunanya pada topik-topik tertentu.

Google Trends ini pada dasarnya bisa menjadi patokan siapa saja yang ingin mengetahui topik atau kata kunci apa yang sedang hangat dan menjadi perbincangan di internet.

Jika demikian, banyak netizen yang rupanya penasaran dengan sosok capres dan cawapres 2019, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno ini ya.

BACA SELANJUTNYA

Presiden Jokowi Terekam Bayar Sendiri di Kasir, Netizen: Fix, Uangnya Bakal Dipajang