Minggu, 28 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Rabu, 27 Februari 2019 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kabar gembira untuk pengguna Android versi 7.0 ke atas, Google Play Services versi terbaru kini memberikan izin untuk login ke akun pengguna tanpa mengharuskan pengguna memasukan kata sandi. 

Hal tersebut berlaku bagi pengguna yang akan masuk baik dalam aplikasi dan situs web. 

Dengan menggunakan teknologi FIDO2 yang dikembangkan FIDO Alliance, pembaruan tersebut akan memanfaatkan sidik jari atau pin pengguna untuk login ke berbagai layanan.

Melalui pembaruan dan sertifikasi ini, Google dan FIDO Alliance berharap dapat memberikan pengguna metode yang lebih aman seperti data biometrik, yang sulit dicuri dan ditiru.

Standar ini juga menetapkan bahwa data pengguna diauntetikasi secara lokal sehingga tidak ada informasi pribadi yang ditransfer ke aplikasi dan layanan yang pengguna masuki.

Ilustrasi Google. (pixabay/digitalfpade)

"Sistem ini lebih baik dalam banyak hal, karena pelanggaran data pengguna di sisi server tidak benar-benar mengungkapkan apa yang dapat membahayakan pengguna saat mengakses layanan," ucap Christiaan Brand, Manajer Produk Identitas dan Keamanan di Google, seperti yang dilansir dari The Verge.

Untuk perangkat yang tidak mendukung sensor sidik jari, Android akan memungkinkan pengguna menggunakan metode lain, seperti pin atau pola gesek yang digunakan untuk membuka kunci ponsel.

Standar ini juga didukung melalui banyak browser web, termasuk Chrome, Edge, dan Firefox. Sayangnya, metode ini belum dapat digunakan ke semua aplikasi. Pengembang aplikasi masih harus mengadopsi API FIDO untuk mendukung fitur tersebut di Google Play Service. (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Google Disinyalir akan Sajikan Layanan Cloud Gaming via Youtube