Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Jum'at, 01 Maret 2019 | 22:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Seorang tukang becak bernama Rasilu asal Ambon belum lama ini menjadi viral di media sosial usai banyak netizen melakukan donasi untuk membantunya yang kini tengah di penjara. Rasilu harus dibui selama 18 bulan karena dituding menjadi penyebab meninggal penumpangnya.

Kisahnya ini menjadi viral di Twitter usai dibagikan netizen dengan akun @asbonbon pada Rabu (27/2/2019). Banyak netizen yang merasa jika hukuman yang diberikan pada Rasilu tidak adil.

Dilansir dari website resmi Pengadilan Negeri Ambon, kasus ini bermula saat Rasilu membawa seorang penumpang yang tengah sakit bernama Maryam Latanda pada September 2018 lalu.

Tepat di depan Masjid Raya Alfatah, Ambon, sebuah mobil melaju kencang dan hampir menabrak keduanya. Menghindari mobil tersebut, tukang becak beserta penumpangnya ini malah jatuh terguling. Sedangkan oknum pengendara mobil tersebut melaju kabur.

Tukang becak yang dituduh penyebab meninggal penumpangnya. (twitter/asbonbon)

Tetap menyelesaikan tugasnya, Rasilu mengantar penumpangnya tersebut hingga tiba di rumah sakit. Rasilu juga membayar biaya rumah sakit si penumpang. Sayangnya, penumpang tersebut meninggal saat mendapat perawatan di rumah sakit.

Setelah kasus ini masuk ranah hukum, Rasilu divonis bui selama 18 bulan. Rasilu didakwa lalai mengemudikan kendaraan roda tiganya hingga menyebabkan kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia.

''Netisen sekalian, kuminta waktunya sebentar untuk lihat video ini, baca ini atau bantu RT twit ini untuk membantu Pak Rasilu. Pak Rasilu adalah seorang tukang becak di Ambon. Saat membawa penumpang yang sedang sakit, ia menghindari mobil yang hampir menyerempet becaknya'' tulis @asbonbon.

Dalam video yang beredar di media sosial, dengan menangis sedih Rasilu menuntut keadilan sambil teringat akan tanggungan lima anaknya yang masih bersekolah dan butuh biaya besar.

Donasi dari netizen untuk Rasilu sendiri sudah terkumpul sebanyak Rp 588.375.815 sejak dibuat pada 18 Februari 2019 lalu.

Mencuri perhatian netizen Twitter, banyak yang tertarik memberikan donasi. Termasuk YouTuber gaming, Reza Oktovian atau Reza Arap.

Donasi Kitabisa untuk Rasilu. (Kitabisa)

''selain di kitabisa, ada kontek langsung ke keluarga/istrinya gak ya?'' tulis @ybrap.

Beberapa netizen lalu mencoba menghubungi Reza Arap dengan keluarga tukang becak asal Ambon ini.

Jika kamu tertaik untuk memberikan donasi dan membantu Rasuli untuk membiayai lima anaknya yang ia tinggalkan karena dibui, silahkan klik link ini ya.

Hingga kini, Rasuli, tukang becak asal Ambon yang dituding penyebab meninggal penumpangnya ini sedang menjalani masa hukumannya yaitu 18 bulan dibui dengan pasrah.

BACA SELANJUTNYA

Mario Dandy Tertawa Lebar Setelah Sidang, Netizen: Sumpah Pengen Tampol