Senin, 29 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 03 Maret 2019 | 20:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Momo Challenge beberapa waktu lalu sempat bikin geger menghantui banyak orang lewat pesan WhatsApp. Setelah sempat menghilang, kini Momo kembali teror WhatsApp.

WhatsApp menjadi salah satu media yang mudah untuk menyebarkan pesan menakutkan ini. Salah satu upaya pertama yang bisa dilakukan adalah memblokir pesannya yang dikirim melalui WhatsApp.

Pada dasarnya,memblokir kontak WhatsApp adalah hal mudah dan merupakan cara tercepat mengeluarkan atau membatasi diri dari orang-orang asing yang menghubungi ponsel anak Anda. Untuk kembali mengingatkan, ada dua cara yang bisa Anda lakukan.

Pertama, mengklik obrolan dengan orang yang ingin Anda blokir, lalu ketuk nama mereka di bagian atas. Kemudian gulir ke bawah ke bagian bawah halaman mereka dan tekan Block Contact.

Kedua, Anda dapat mengklik tab Pengaturan kemudian masuk ke Akun, lalu Privasi. Selanjutnya, ketuk Diblokir untuk melihat kontak yang diblokir - dan tekan Tambah Baru untuk masuk untuk memblokir seseorang.

Mudah bukan? Namun, apakah Anda bisa memblokir semua teks dari orang asing yang mungkin bisa menyebarkan pesan Momo ini?

Ilustrasi Momo Challenge. [Shutterstock]

Jawabannya adalah tidak. Sayangnya, WhatsApp tidak memiliki pengaturan yang memungkinkan Anda memblokir semua teks dari orang asing.

Artinya, Anda harus secara manual memblokir orang-orang yang mengirim pesan kepada anak-anak Anda satu per satu.

Jika Anda masih khawatir, mungkin ini saat yang tepat untuk mempertimbangkan meminta anak Anda menggunakan aplikasi pesan yang berbeda.

Siapa pun yang memiliki iPhone dapat mengaktifkan fitur yang memisahkan pesan dari orang yang bukan kontak Anda ke dalam daftar terpisah. Ini memudahkan orang tua untuk memastikan bahwa orang luar tidak mengirimi pesan kepada anak Anda.

Cara ini juga dapat mematikan notifikasi untuk iMessages dari orang-orang yang tidak ada dalam kontak Anda. Untuk melakukannya, buka Pengaturan> Pesan dan kemudian nyalakan Filter Pengirim Tidak Dikenal.

Buat Anda yang sangat khawatir, tentu sempat terfikir untuk memantau pesan WhatsApp yang dimiliki anak Anda. Tapi kembali lagi, sayangnya tidak ada cara memiliki akun WhatsApp yang sama di dua smartphone.

Namun, ada solusi buat Anda yang masih memiliki anak kecil. Disarankan untuk mempertimbangkan mengatur WhatsApp Web. Dengan WhatsApp Web memungkinkan Anda melihat pesan WhatsApp di komputer Anda, jika ponsel cerdas dengan akun utama dihidupkan.

Ini akan memungkinkan Anda untuk mengawasi pesan anak Anda tanpa secara fisik memegang telepon itu sendiri.

Ilustrasi blokir WhatsApp. [Shutterstock]

Untuk menggunakan WhatsApp Web, cukup buka WhatsApp lalu buka Pengaturan dan ketuk WhatsApp Web, yang akan memandu Anda melalui pengaturan.

Sekedar mengingatkan, Momo itu sendiri awalnya patung Jepang, telah diambil alih oleh orang iseng di dunia maya yanng menggunakan gambar untuk menakutkan anak-anak dan mengeluarkan tantangan di WhatsApp sebelum dilaporkan muncul di video YouTube dan di Fortnite untuk mengeluarkan lebih banyak tantangan dan ancaman.

Avatar yang menakutkan itu telah memicu peringatan dari sekolah dan bahkan polisi ketika laporan tentang anak-anak yang ketakutan meningkat di Inggris dan di seluruh dunia.

Hal yang mengkhawatirkan justru banyak orang tua mengungkapkan bahwa mereka tidak tahu mengapa perilaku anak mereka berubah. Ketika mereka bertanya kepada putra atau putri mereka apakah mereka tahu siapa Momo, reaksi aneh baru terlihat.

Sekolah-sekolah di Inggris memperingatkan orang tua untuk waspada karena anak-anak menerima tantangan untuk melukai diri sendiri atau ancaman kematian oleh karakter online.

Jika kamu menemukan Momo Challenge ini, langsung waspada jangan ikuti. Jangan sampai Momo kembali teror WhatsApp. (Suara.com/ Dythia Novianty)

BACA SELANJUTNYA

WhatsApp Disinyalir akan Siapkan Fitur Multi Akun untuk Satu Perangkat, Sedap Betul!