Selasa, 23 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 04 Maret 2019 | 12:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - YouTube telah memberlakukan aturan baru untuk video anak-anak. Kini YouTube mematikan komentar di hampir semua video anak.

Nantinya YouTube tidak lagi memberikan izin komentar kepada sebagian besar saluran yang menampilkan anak-anak di dalam videonya.

Hal ini dilakukan platform video ini setelah beberapa kasus eksploitasi anak mencuat.

YouTube akan menghapus komentar dari video yang menampilkan anak di bawah umur dalam beberapa bulan mendatang.

Hanya beberapa saluran tertentu yang akan diizinkan untuk tetap mengaktifkan bagian komentar, tetapi YouTube masih memberikan peringatan bahwa pemilik saluran diharuskan untuk memantau komentar-komentar tersebut.

Ilustrasi konten anak di YouTube. [Shutterstock]

''Saluran ini akan diminta untuk memoderasi komentar mereka secara aktif,'' tulis YouTube dalam sebuah posting blog, sebagaimana yang dikutip dari The Verge.

YouTube juga meluncurkan algoritma yang lebih baik untuk membuat platformnya secara otomatis mengidentifikasi dan menghapus komentar tidak senonoh yang berhubungan dengan anak-anak.

Sebelumnya, YouTube juga telah menghapus puluhan juta komentar dan menghapus lebih dari 400 saluran yang terkait dengan penulisan komentar tidak senonoh pada pekan lalu.

Ilustrasi YouTube. [Shutterstock]

Seorang juru bicara YouTube mengatakan bahwa meskipun komentar adalah bagian yang penting bagi pembuat konten, sebagai cara untuk berinteraksi.

Hal ini dilakukan pihak YouTube untuk melindungi komunitas YouTube terutama dari kasus eksploitasi anak. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Arya Saloka Meninggal Usai Kecelakaan Naik Moge, Benarkah?