Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 04 Maret 2019 | 16:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Dalam rangka memaksimalkan teknologinya, Grab memutuskan untuk membangung pusat riset. Dalam pembangunan ini, Grab menggandeng Sinar Mas Land sebagai partner.

Kerja sama Sinar Mas Land dan Gram ini banyak membangun infrastruktur digital dan meningkatkan taraf hidup masyarakat di kawasan BSD City.

''Kami sangat senang bisa bekerjasama dengan Sinar Mas Land untuk meningkatkan kewirausahaan digital di kawasan BSD City,'' ujar Presiden Grab Indonesia, Rdizki Kramadibrata, di ICE BSD, Tangerang Selatan, pada Senin (4/3/2019).

Menurut Ridkzi, konsep integrated smart city baru akan berjalan ketika masyarakat dalam sebuah kawasan bisa memaksimalkan keberadaan teknologi terbaru.

''Smart city membutuhkan berbagai layanan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kenyamanan aktivitas kehidupan sehari-hari,'' imbuhnya.

Sebagai bagian dari kerja sama ini, Grab akan membangun Grab Innovation and Engineering Lab untuk memusatkan penelitian dan pengembangan inovasi di GOP 9, BSD City.

Smart city, Grab kerja sama dengan Sinarmas di BSD, Tangerang, Senin (4/3/2019). [Suara.com/Tivan Rahmat]

Nantinya, pusat riset ini akan dimaksimalkan untuk menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) agar bisa menciptakan sistem transportasi yang cerdas dan tertata.

Sedangkan mengenai cakupan kerja sama antara Sinar Mas Land dan Grab, kedua pihak sepakat untuk berkolaborasi dalam tiga proyek.

Proyek pertama, menjalankan metode pemetaan daerah BSD City untuk memudahkan penumpang menentukan titik penjemputan dan pengantaran yang lebih akurat.

Kedua, melakukan uji coba Personal Mobility Devices (PMD) yang dapat menjadi sarana transportasi personal jarak dekat dengan biaya terjangkau.

Ketiga, melakukan program pilot solusi mobilitas berbagi di kawasan BSD City, termasuk mengembangkan kendaraan otonom dan mobil listrik.

Ilustrasi 'smart city'. [Shutterstock/Dzianis]

Selain itu, Grab juga akan menggelar program Grab Ventures Velocity yang memberikan serangkaian pelatihan kepada para pelaku startup untuk meningkatkan bisnis mereka.

Bagi startup terpilih, mereka berkesempatan untuk mengembangkan bisnis mereka dan bergabung dalam aplikasi Grab.

Kita tunggu saja, seperti apa perkembangan pusat riset kerja sama Grab dan Sinar Mas Land di BSD City ini. (Suara.com/ Tivan Rahmat)

BACA SELANJUTNYA

Cara Daftar Driver AirAsia Ride, Ikuti 5 Langkah Berikut Ini