Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 28 Maret 2019 | 20:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Startup menjadi tren baru dalam membangung perusahaan di erak digital. Banyak startup tumbuh dan berkembang, namun ada pula yang sampai layu hingga tutup.

Jika kamu berkecimpung dan ingin bangun startup, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf  membagikan tipsnya.

Triawan Munaf mengatakan bahwa untuk bangun startup, pengusaha di bidang ini setidaknya harus memiliki dua hal seperti dipaparkannya selepas menghadiri acara Thinkubator Startup Competition di Jakarta, Kamis (28/3/2019).

''Rasio kesuksesan startup di Indonesia sekarang, tidak beda jauh dengan jenis usaha lainnya yang bersifat konvensional. Bagi pegiat startup, yang penting adalah berani mencoba dan pantang putus asa,'' ujar Triawan Munaf.

Menurut ayah kandung penyanyi Sherina Munaf itu, pengusaha startup jangan terlalu berorientasi pada hasil atau keuntungan semata.

''Yang penting mereka mencoba dulu dan tidak langsung putus asa. Tidak mesti semuanya jadi unicorn, punya 1 juta dolar juga sudah bagus,'' imbuh Triawan Munaf.

Berbicara soal startup unicorn, Triawan Munaf menilai bahwa standarisasi predikat ini tidak bisa digeneraliasi di seluruh dunia, mengingat iklim ekonomi di setiap negara berbeda.

''Sebetulnya untuk Indonesia, (unicorn) jangan sampai 1 miliar dolar Amerika (AS). Bila 100 juta dolar AS juga sudah masuk unicorn seharusnya karena kita tidak apple to apple,'' tegasnya.

Itulah tips bangun startup dari Triawan Munaf. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

BACA SELANJUTNYA

Kolaborasi Transfez dan MoEngage, Tingkatkan Keterlibatan Pelanggan