Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 08 April 2019 | 18:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ketika di Tanah Air belum semua orang berkesempatan merasakan kecepatan internet maksimum 4G, jaringan 5G sudah ada di depan mata.

Berbagai perusahaan telekomunikasi, produsen smartphone hingga negara pun berlomba-lomba menghadirkan jaringan 5G sesegera mungkin.

Secepat apa sih kecepatan internet yang ditawarkan jaringan 5G. Apakah bisa jauh melampaui kecepatan maksimum jaringan 4G saat ini?

Perusahaan telekomunikasi Verizon pun memamerkan kecepatan internet mereka yang telah berjalan di jaringan 5G. Hasilnya memang luar biasa.

Dikutip dari Cnet, Verizon memamerkan kecepatan internet 5G dengan memakai dua smartphone Motorola. Dipamerkan Moto Z3 dengan jaringan 4G dan smartphone Moto 5G.

Diuji dengan aplikasi Speedtest, jaringan 4G mendapatkan kecepatan download rata-rata di 27,9 mbps. Sedangkan jaringan 5G mencapai 634 mbps.

Sedangkan untuk kecepatan upload, jaringan 4G mencapai 17,7 mbps. Sedangakan kecepatan upload jaringan 5G bisa tembus sampai 23,7 mbps.

Tak hanya ngebut, kecepatan donwload dan upload 5G jika dilihat dari grafiknya juga cenderung lebih stabil dibandingkan 4G.

Sebagai catatan, pengetesan tersebut dilakukan di jaringan seluler Verizon di Amerika Serikat yang memiliki infrastruktur jaringan lebih mapan dibanding kebanyakan negara.

Dengan kecepatan download dan upload sebesar juga sestabil ini, tak heran banyak pihak yang berminat untuk segera menghadirkan teknologi ini.

Kapan ya Indonesia bisa merasakan kecepatan internet seperti ini? Tenang saja, teknologi dan jaringan 5G dipastikan akan masuk ke Tanah Air.

BACA SELANJUTNYA

5 Cara Cek Kecepatan Internet, Bisa dari Laptop dan HP