Senin, 23 September 2019
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 23 April 2019 | 07:30 WIB

Hitekno.com - Membagikan banyak uang kepada orang yang kita sukai adalah impian semua orang. YouTuber ini berhasil mewujudkannya dengan membagikan uang hingga Rp 14,1 miliar kepada warga miskin.

Dengan channel YouTube bernama MrBeast, Jimmy Donaldson membagikan uangnya lebih dari 1 juta dolar AS atau Rp 14,1 miliar kepada sembarang orang.

Tak hanya warga miskin, ia juga sering membagikan uang kepada orang asing yang tidak dikenal.

Tunawisma, pelayan toko, streamer Twitch, orang tua, bahkan follower-nya juga pernah kebagian segepok uang dari YouTuber ini.

Jimmy Donaldson sering berjalan-jalan di kotanya dan menyumbangkan 1.000 dolar AS atau Rp 14,1 juta kepada sebanyak mungkin gelandangan yang ia temukan di jalan.

Sering bagi-bagi uang, Donaldson dikenal sebagai ''dermawan terbesar YouTube''.

Bahkan pelayan di restoran bernama Sup Dogs di Greenville, North Carolina, Amerika Serikat pernah mendapatkan kejutan darinya.

Saat dihitung dengan hati-hati, uang tip tersebut senilai Rp 150 juta, padahal YouTuber tersebut hanya memesan gelas air putih.

Jimmy Donaldson juga pernah memberikan uang sebesar 100 ribu dolar AS atau Rp 1,4 miliar untuk ibunya sendiri.

Dalam siarannya di channel MrBeast, ia menjelaskan bahwa itu merupakan sebuah kebanggaan apabila bisa memberikan uang banyak kepada ibunya sendiri.

Itu juga berarti satu hal, ia tak mendapatkan uang jutaan dolar AS dari orangtuannya sendiri. Lantas jika bukan dari orangtuanya, dari mana ia mendapatkan uang sebesar itu?

Dikutip dari The Verge, Jimmy Donaldson menceritakan bahwa ia justru mendapatkan uang tersebut dari YouTube.

Ketika pertama kali ia mendapatkan kesepakatan dengan sponsor untuk membagi-bagikan uang dengan nilai total 10 ribu dolar AS atau 140 juta, total view dan subscriber miliknya justru meningkat pesat.

Mayoritas donasi hingga lebih dari Rp 14,1 miliar berasal dari sponsor.

Semakin ia menjadi viral, semakin banyak merek yang ingin bekerja dengannya, dan semakin besar penghasilan AdSense-nya sendiri.

Dia kemudian dapat memikat penonton dengan video giveaway yang lebih besar.

Bahkan dalam satu video giveaway saja, jumlah penonton di channel YouTube-nya mencapai 10 juta.

Sementara subscriber-nya bahkan melonjak dari 7 juta hingga menyentuh 17 juta subscriber saat ini.

YouTuber itu juga mengakui, semakin banyak jumlah uang dan semakin unik kreativitas dalam memberikan uang, maka semakin besar pula pendapatan yang ia peroleh.