Sabtu, 20 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Selasa, 30 April 2019 | 16:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Presiden Jokowi belum lama ini memutuskan untuk memindahkan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke luar Pulau Jawa. Rencana ini cukup mengejutkan banyak orang, hashtag YukUsulIbukotaDimana lalu menjadi trending di Twitter.

Dilansir dari Suara.com, keputusan Presiden Jokowi ini merupakan jawaban dari tiga usulan alternatif dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dalam rapat terbatas yang membahas tindak lanjut rencana pemindahan ibu kota di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/4/2019).

Rencana pemindahan ibu kota ini jelas mengejutkan dan menghebohkan banyak pihak. Pasalnya, ibu kota Indonesia sudah berpuluh-puluh tahun ada di DKI Jakarta.

Dampak dari keputusan Presiden Jokowi ini rupanya membuat netizen beramai-ramai membuat hashtag YukUsulIbukotaDimana. Hashtag ini hingga artikel ini dibuat, sukses menempati urutan kedua dalam kolom Trending di Twitter.

Hashtag YukUsulIbukotaDimana. (Twitter)

Dalam cuitannya, netizen beramai-ramai memberi saran terkait kota tujuan seandainya ibu kota benar akan berpindah.

Demam Game of Thrones rupanya menghantui netizen Twitter, sebagian besar saran kota tujuan untuk pemindahan ibu kota adalah kota-kota fiksi di kisah Game of Thrones, seperti Westeros dan Winterfell.

Hashtag YukUsulIbukotaDimana. (twitter/ayutrisnaputri7)

Makin absurd, ada juga netizen yang menyarankan ibu kota Indonesia berpindah ke beberapa kota fiksi dalam film-film terkenal.

Hashtag YukUsulIbukotaDimana. (twitter/AwjaywosePhoto)

Malah gombal, saran netizen satu ini bisa diperhitungkan nggak?

Hashtag YukUsulIbukotaDimana. (twitter/dheaarn_)

Kalau pindah ke Gotham nanti makin banyak tindak kejahatan dong. Tapi boleh juga, biar ada Batman ya?

Hashtag YukUsulIbukotaDimana. (twitter/psiagani23)

Walaupun beberapa salah fokus dan menyarankan berbagai kota fiksi yang hanya ada di film, komik, kartun, dan buku, ada juga netizen yang serius memberikan saran dan usul kepada Presiden Jokowi terkait pemindahan ibu kota.

''Kalimantan pak, selain strategis ditengah. Pertimbangan lainnya : Tanahnya msih lapang jdi msih bisa ditata rapih setara tokyo/newyork, penduduknya belum sepadat JKT, dan jauh dr bencana gempa, tsunami dll..'' tulis pemilik akun @Dimas_Prw.

''Ke arah timur Indonesia pak.. masukan dr saya, pemilihan daerah baru berkembang lah yg tepat krn membangun dan menatanya akan lbh mudah. Kalimantan? Jangan. Karena kalimantan merupakan paru-paru dunia dimana jika dibangun besar2an, polusinya akan berdampak kpd ketersediaan hutan..'' komentar akun @SyafiiAlmubarak.

Melalui akun Twitter resminya, Presiden Jokowi menyampaikan alasan rencana pemindahan ibu kota ini. Menurutnya, DKI Jakarta saat ini memikul dua beban sekaligus yaitu sebagai pusat pemerintahan dan layanan publik sekaligus sebagai pusat bisnis.

Pemindahan ibu kota. (twitter/jokowi)

Hingga kini, hashtag YukUsulIbukotaDimana terkait pemindahan ibu kota Indonesia ini sukses menempati urutan kedua dengan total 5.025 cuitan dari netizen. Kalau menurutmu, sebaiknya ibu kota Indonesia pindah ke daerah mana?

BACA SELANJUTNYA

Hadir di Laga Indonesia vs Argentina, Jokowi Bagi-bagi Jus ke Penonton