Kamis, 18 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 09 Mei 2019 | 05:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Menghadapi mudik lebaran 2019, sejumlah operator telekomunikasi bersiap diri. Termasuk 3 (Tri) Indonesia melakukan sejumlah persiapan.

"Jaringan mobile internet kami telah diperluas baik secara jangkauan maupun kapasitas sehingga pelanggan kami dapat menikmati pengalaman berinternet yang baik bersama 3 selama bulan suci Ramadan, mudik ke kampung halaman hingga pada Hari Raya Idul Fitri nanti," kata Dolly Susanto, Chief Commercial Officer 3 Indonesia saat berbuka puasa bersama jurnalis, Selasa (7/5/2019).

Sejak awal tahun 2019, 3 telah mempersiapkan perluasan kapasitas dan cakupan jaringan sebagai bagian dari ekspansi agresif 3 membangun 8.000 sites 4G di tahun ini.

Lebih dari 50 persen dari total sites tersebut telah dibangun di Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi. Tambahan sites ini diperkirakan mampu menampung lonjakan trafik hingga 140 persen.

Dengan upaya ekspansi dan optimalisasi kapasitas ini, maka pengalaman berinternet pelanggan 3 akan semakin baik khususnya di kota-kota yang menjadi tujuan mudik, lokasi wisata dan titik layanan umum seperti pelabuhan laut dan udara, stasiun kereta api serta terminal bis.

Peluncuran paket Ramadan 3, Ramadhan Dobel Berkah di Jakarta, Rabu (7/5/2019). [Tri]

Untuk mendukung perjalanan mudik lebaran jalur darat, jaringan 3 telah tersedia di sepanjang jalan tol Merak – Probolinggo dan ditingkatkan kapasitasnya dengan penambahan sejumlah mobile BTS.

Selain itu, 3 telah melakukan transformasi core network system yang tersebar di 19 kota sehingga pengaturan trafik komunikasi data 3 tidak terpusat.

"Dengan diberlakukannya sistem ini memudahkan bagi kami untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menggunakan layanan internet 3, memperluas kapasitas serta menyeimbangkan kapasitas jaringan dengan lancar. Sehingga pelanggan 3 dapat mengakses mobile games, Instagram, Facebook, aplikasi instan messaging dengan lebih cepat," tutup Desmond Cheung, Chief Technology Officer 3 Indonesia. (Suara.com/ Tivan Rahmat)

BACA SELANJUTNYA

Apakah Saldo Etoll Bisa Hangus? Wajib Diketahui Jelang Mudik Lebaran