Sabtu, 28 Januari 2023
Dinar Surya Oktarini : Jum'at, 17 Mei 2019 | 09:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Negara China memang dikenal memblokir banyak situs untuk negaranya. Kali ini negara China tengah kerja keras memblokir Wikipedia sejak bulan April lalu.

Dilansir dari laman CNET, China memblokir Wikipedia di semua URL bahasa sekitar akhir April. China diketahui menggunakan suntikan DNS untuk mencegah warganya mengakses ensiklopedia online ini.

Salah satu manajer komunikasi untuk Wikipedia Foundation, Samantha Lien mengatakan ''Pada akhir April, Wikimedia Foundation menetapkan bahwa Wikipedia tidak lagi dapat diakses di China.''

''Setelah menganalisis lebih detail di laporan lalu lintas internal, kami dapat menonfirmasi bahwa Wikipedia saat ini diblokir di semua versi bahasa'' lanjtnya.

Hingga kini tak ada penjelasan mengapa China memblokir Wikipedia ini.

Wikipedia

Diketahui pada Mei 2017, negara ini mengajukan rencana untuk membuat ensiklopedia online sendiri dengan lebih dari 300.000 artikel dari 20.000 sarjana.

Namun diketahui China bukanlah negara pertama yang melakukan pelarangan lengkap terhadap situs Wikipedia.

Sebelumnya, Turki memiliki situs yang diblokir sejak April 2017 dan beberapa negara lain seperti Rusia, Arab Saudi dan Venezuela memblokir situs untuk jangka waktu tertentu.

Sampai sekarang, Kedutaan Besar China tak segera memberikan konfirmasi dan permintaan komentar mengenai pemblokiran Wikipedia di China.

BACA SELANJUTNYA

Reynhard Sinaga Tercatat Sebagai Pemerkosa Berantai Kedua di Wikipedia